Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terus Fokus Lestarikan Lingkungan, Mowilex Raih Penghargaan Global CSR

Kompas.com - 22/10/2021, 22:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen cat, PT Mowilex Indonesia, kembali meraih penghargaan bergengsi atas kerasnya melestarikan lingkungan seiring kemajuan zaman. 

Pada September 2020, Mowilex dianugerahi medali emas 12th Annual Global CSR Best Environmental Excellence Award yang digelar secara virtual akibat pandemi Covid-19

Baca juga: Mowilex Indonesia Kampanyekan Penggunaan Cat Kayu dan Besi yang Aman

Global CSR Award memberikan apresiasi kepada perusahaan yang secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam keberlanjutan dan pelestarian lingkungan.

Pendiri dan Direktur Williams Business Consultancy Sdn Bhd, Prof Dr Geoffrey Williams, mencatat bahwa mereka menerima lebih dari 300 pengajuan dari 120 perusahaan di seluruh dunia serta memilih 48 di antaranya sebagai pemenang dalam 16 kategori penghargaan utama.

“Setelah dinilai selama lebih dari 12 tahun, sangat menggembirakan untuk melihat bahwa perusahaan-perusahaan ini terus menetapkan standar dan tujuan yang lebih tinggi untuk dicapai setiap tahun. Tidak hanya dalam hal dampak sosial dan lingkungan mereka, tetapi juga inovasi dari beberapa proyek ini,” kata Williams, yang juga juri dalam penghargaan itu, dalam siaran pers Mowilex, Jumat (22/10/2021). 

Baca juga: Mowilex Pastikan Keamanan Produk Cat Kayu dan Besi

Presiden Direktur Mowilex, Niko Safavi, menyatakan bahwa Global CSR Best Environmental Excellence Award memperkuat komitmen perusahaan untuk terus melaksanakan program keberlanjutannya, yaitu Kurangi, Hindari, Imbangi (Reduce, Avoid, Offset).

“Program CSR selalu kami dorong sejalan dengan inisiatif keberlanjutan dan lingkungan,” ucap di Jakarta, Rabu (13/10/2021.

Penganugerahan ini merupakan penghargaan atas perjalanan panjang Mowilex dalam melestarikan lingkungan. 

Baca juga: 6 Warna Cat Eksterior yang Dapat Membantu Menjual Rumah

Sebagai perusahaan manufaktur cat pertama di Indonesia yang bersertifikat Carbon Neutral, Mowilex turut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik hingga 80 persen selama tujuh tahun ke depan.

Perusahaan ini telah mengurangi lebih dari 12 ribu kendi air plastik dan air kemasan sejak inisiatif dimulai pada Oktober 2019.

Pada 2019, Mowilex juga berhenti memproduksi warna tertentu dari cat kayu dan logam yang mengandung timbal, dua tahun dari tenggat waktu yang direkomendasikan PBB.

Baca juga: 4 Warna Cat Netral yang Dapat Menambah Nilai Jual Rumah

Mowilex juga menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk akhirnya meluncurkan formulasi bebas timah untuk Cat Kayu dan Besi.

Hal ini juga mempertahankan komitmennya untuk berkontribusi pada lingkungan karena perusahaan menyadari bahwa investasi jangka panjang sangat terkait dengan keberlanjutan bumi serta layanannya kepada masyarakat setempat.

Ini berfokus untuk mencari solusi ramah lingkungan dan mengurangi jejak karbon yang mereka hasilkan. Mowilex terus berupaya untuk memberikan dampak positif bagi konsumen dan lingkungan. 

Dana offset karbonnya digunakan untuk konservasi habitat regional dan pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Cara Membuat Lapisan Cat Dinding Luar Rumah Tahan Lama

Perusahaan juga terlibat dalam melindungi hiu paus dan habitatnya sepanjang 1.500 kilometer di Teluk Saleh, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dengan mendukung organisasi nirlaba Conservation International melalui perusahaan induk Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd.

Tak hanya itu, Mowilex juga bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menanam 50 ribu pohon baru, termasuk 5.500 tanaman bakau yang melindungi garis pantai dan menangkap karbon di Bali serta Purwakarta, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com