Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Kucing Suka Duduk di Pangkuan Pemiliknya

Kompas.com - 20/10/2021, 17:51 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing yang tiba-tiba duduk di pangkuan pemiliknya bisa menjadi salah satu perilaku menggemaskan yang dimiliki hewan mamalia karnivora ini. 

Tentu saja, perilaku ini membuat pemilik senang serta akan membelai kucing dengan penuh hangat dan memanjakannya. Namun, mengapa kucing melakukan hal demikian? 

Dikutip dari kanal YouTube X SCIENCE, Rabu (20/10/2021), berikut ini lima alasan kucing suka duduk di pangkuan pemiliknya. 

Baca juga: Ciri-ciri Kucing Susah Buang Air Kecil dan Penyebabnya

Mencari kehangatan 

Meski tubuhnya berbulu, kucing adalah hewan yang sangat suka dengan tempat-tempat hangat. Ketika kucing datang dan duduk di pangkuan pemiliknya, kemungkinan besar sahabat bulu ingin mencari kehangatan.

Ditambah, pangkuan pemiliknya merupakan tempat yang tepat dan nyaman untuk kucing bersantai sejenak.

Alasan ini juga didukung seorang ahli perilaku kucing tersertifikasi, Marilyn Krieger. Ia mengatakan paha manusia pada dasarnya memiliki suhu yang hangat sehingga tak heran jika kucing merasa nyaman duduk di atasnya. 

Baca juga: Apakah Induk Kucing Merindukan Anaknya?

Menginginkan sesuatu

Ketika menginginkan sesuatu, kucing akan memiliki tingkah laku yang mencurigakan,  termasuk duduk di pangkuan pemiliknya.

Salah satu alasan kucing melakukannya karena sedang memohon kepada pemiliknya untuk memberikan seluruh perhatiannya.

Merasa lebih aman

Sebagian besar kucing peliharaan akan merasa aman apabila berada di dekat pemiliknya. Karena itu, untuk meningkatkan rasa amannya, kucing akan duduk di paha pemiliknya. 

Baca juga: Mengapa Kucing Tidur di Atas Pakaian Pemiliknya?

Tubuh pemilik memiliki aroma enak

Selain tertarik dengan suhu hangat paha pemiliknya, ternyata pertimbangan lain seekor kucing duduk di pangkuan pemiliknya adalah aroma pemiliknya yang enak.

Seekor kucing memiliki kriteria tertentu untuk menetapkan apa saja yang disukainya dengan penciumannya.

Jadi, apabila kucing tidak segan duduk di pangkuan kamu, artinya kucing sudah menganggap aroma tubuhmu seperti benda atau mainan tertentu yang selalu menarik perhatiannya. 

Baca juga: 6 Masalah Kulit pada Kucing yang Tidak Boleh Diabaikan

Rasa kepercayaan

Kucing tak selalu duduk di pangkuan pemiliknya secara tiba-tiba. Jika menginginkannya, kucing dapat duduk di pangkuan kamu ketika disuruh.

Ketika kucing mau disuruh untuk duduk di pangkuan pemiliknya, artinya kucing menaruh rasa percaya yang sangat tinggi kepada pemilik atau orang yang dia sukai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com