Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2021, 16:37 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun hangus merupakan sebuah permasalahan yang bisa terjadi pada tanaman anthurium jenis apa pun.

Ada berbagai hal yang bisa membuat daun anthurium hangus. Hal ini secara umum disebabkan kesalahan perawatan.

Dikutip dari kanal YouTube Sisi Lain Tumbuhan, Rabu (20/10/2021), berikut ini tiga penyebab daun anthurium hangus atau gosong. 

Baca juga: Bisakah Menanam Anthurium di Media Air? Ini Penjelasannya

Terpapar sinar matahari langsung

Paparan sinar matahari langsung bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan daun anthurium hangus atau gosong. Sebab, semua jenis anthurium tidak menyukai sinar matahari langsung sekali pun itu sinar matahari pagi.

Perlu diketahui, habitat anthurium ada di hutan lembap, yakni hutan yang rimbun atau lebat. Anthurium hidup di bawah naungan pepohonan di hutan lebat yang sesekali terdapat kelembapan tinggi, embun, atau hujan dan kabut.

Jika tanaman anthurium berada atau terpapar sinar matahari langsung, segera pindahkan. Berbeda dengan aglonema dan caladium, anthurium tidak boleh dijemur meski pada pagi hari. 

Baca juga: Mengapa Daun Anthurium Berubah Warna Jadi Cokelat?

Media tanam yang panas 

Ilustrasi tanaman hias anthurium. PIXABAY/RICHARDMC Ilustrasi tanaman hias anthurium.
Apabila tanaman anthurium yang sudah dijauhkan dari sinar matahari langsung tetap hangus,  itu bisa disebabkan kondisi media tanam yang panas.

Apa itu media tanam yang panas? Media tanam yang panas bisa disebabkan pemupukan kimia maupun pemupukan organik yang berlebihan atau over dosis.

Anthurium perlu di tanam di media tanam yang tepat seperti tanah kompos (pelapukan dedaunan bukan pelapukan kotoran hewan) dan sekam bakar. 

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan dalam Merawat Anthurium

Namun, proses pemupukan yang berlebihan juga memberi dampak buruk bagi media tanam anthurium sekali pun media tanam yang digunakan sudah tepat.

Jika memberikan pupuk kimia seperti NPK Mutiara, urea, KCL, dan sebagainya dengan dosis berlebih, itu bisa menyebabkan daun anthurium lebih cepat hangus dibanding paparan sinar matahari langsung.

Hal yang sama juga berlaku untuk pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos dari kotoran hewan (kohe) karena kohe memiliki sifat panas cukup besar.

Jadi, pengaplikasian pupuk kimia dan pupuk organik yang berlebihan dari segi jumlah takaran pemberian dan waktu pemberian yang terlalu sering bisa menyebabkan daun anthurium hangus atau gosong. 

Baca juga: Ingin Merawat Anthurium? Perhatikan Hal Ini

Kelembapan berlebih

Anthurium menyukai media tanam yang lembap, tapi pastikan porous (tidak mengendapkan air terlalu lama) dan jangan padat.

Apabila media tanam anthurium lembap dan padat, itu bisa membuat anthurium busuk denga daun tanaman menguning dan hangus.

Sebab, media tanam yang lembap dan padat mengendap air terlalu lama. Hal itu pada akhirnya membuat bakteri hidup.

Jadi, pastikan tanaman anthurium yang dimiliki menggunakan media tanam yang lembap dan porous.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com