Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Harus Diketahui tentang Dapur Modern

Kompas.com - 19/10/2021, 17:28 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decoholic

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dapur modern memberikan kepuasaan tersendiri dan membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan.

Namun, apakah konsep dan desain dapur modern yang kamu terapkan di rumah sudah sesuai Jika belum yakin, kiat-kiat di bawah ini akan memberi kamu gambaran tentang dapur modern.

Dilansir dari Decoholic Selasa (19/10/2021), berikut delapan hal yang harus diketahui tentang dapur modern dan apa saja yang dibutuhkan. 

Baca juga: Tips Membuat Dapur Minimalis dan Bebas Berantakan

Buat segalanya teratur

Dapur modern seharusnya tidak pernah terlihat berantakan. Jadi, penting memperhatikan barang-barang yang disimpan di lemari, laci, dan meja dapur.

Jauhkan kekacauan di bawah kendali dengan menyimpan panci dan wajan di dalam lemari, bukan rak di atas kompor.

Tutup alat yang jarang digunakan dan jangan tampilkan setiap hidangan yang dimiliki. Manfaatkan ruang penyimpanan secara maksimal dengan laci tarik, rak yang dapat menampung berbagai jenis piring, dan beberapa lemari. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Dapur Modern yang Patut Ditiru

Uji pencahayaan

Pencahayaan dapur yang baik sangat penting untuk memasak serta menyajikan makanan di meja. Harus ada cahaya yang cukup di area memasak untuk mencegah terbentur benda atau salah langkah saat membawa makanan di antara kompor, oven, dan meja.

Jika berencana memiliki kitchen island (meja dapur) dengan tempat duduk, harus ada pencahayaan di atasnya juga. 

Baca juga: Panduan Memilih Warna Dapur yang Baik Menurut Feng Shui

Berinvestasi dalam range hood yang baik

Range hood atau sungkup udara yang berfungsi dengan baik adalah salah satu peralatan terpenting yang perlu dimiliki di dapur modern. Range hood membuat udara tetap bersih dengan menghilangkan asap dan bau masakan.

Cocokkan peralatan dapur

Sebaiknya, pilih peralatan dapur dengan garis klasik daripada model yang terlalu trendi. Cocokkan dengan rangkaian mesin pencuci piring atau kulkas sehingga terlihat seperti menyatu dalam satu unit yang kohesif. 

Baca juga: Perhatikan, Jangan Mengecat Lemari Dapur dengan Warna Ini

Maksimalkan ruang yang ada

Perhatikan baik-baik bagaimana kamu menggunakan dapur saat berbelanja peralatan, meja, dan lemari dapur. Lakukan pengukuran ruang untuk meletakkan barang barumu sebelum belanja.

Pikirkan baik-baik tentang setiap alat yang dipilih dan jangan tergoda oleh barang yang mungkin tidak digunakan setelah beberapa minggu pertama. 

Gunakan tempat sampah tertutup

Hindari menggunakan tempat sampah yang bisa membuat sampah berserakan di lantai. Untuk dapur modern, sebaiknya menggunakan tempat sampah yang memiliki tutup dan bisa dioperasikan dengan pedal atau diinjak untuk membuka tutup. 

Baca juga: 7 Cara Mudah Menambahkan Warna ke Dekorasi Dapur

Perhatikan semuanya

Dalam mendesain dapur, fungsi harus selalu didahulukan dari bentuk. Pastikan elemen desain dapur mendukung apa yang akan kamu lakukan di dapur. 

Perhatikan detail

Beberapa aksesori yang ditempatkan dengan baik dapat menambahkan sentuhan akhir yang sempurna pada desain dapur modern. 

Lampu dinding (wall sconce) memberikan pencahayaan yang baik juga menambahkan elemen dekoratif saat digunakan di kedua sisi lemari atau jendela atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Decoholic
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com