Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Manfaat Menggoyangkan Tanaman yang Ada di Dalam Ruangan?

Kompas.com - 14/10/2021, 11:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak manfaat memiliki tanaman dalam ruangan, yakni mulai dari dapat memurnikan udara hingga mengurangi stres, tetapi tahukah Anda cara Anda memperlakukannya juga berpengaruh?

Melansir dari Better Homes and Gardens Australia, Kamis (14/10/2021) ada banyak bukti bahwa tanaman lebih sensitif daripada yang Anda kira, selain dengan musik yang Anda mainkan di rumah dapat memengaruhi pertumbuhannya, ternyata mereka juga responsif terhadap gerakan dan sentuhan.

Retasan tanaman terbaru yang beredar di media sosial menunjukkan influencer tanaman dengan lembut menggoyang tanaman dalam ruangan mereka untuk merangsang pertumbuhan dan memperkuat batang.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Berdaun Pink yang Cocok Jadi Dekorasi Ruangan

Sebagian tanaman hias daun tak hanya cantik tetapi juga mudah dirawat. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Sebagian tanaman hias daun tak hanya cantik tetapi juga mudah dirawat.

Metode sederhana, atau dikenal sebagai thigmomorphogenesis, dikatakan meniru gerakan yang akan dialami tumbuhan dari angin, hujan, dan hewan jika mereka berada di luar.

Meskipun biasanya terjadi secara alami, itu dapat diinduksi di dalam ruangan dengan menggosok, menekuk batang atau dengan lembut menggoyang tanaman.

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperkirakan pentingnya thigmomorphogenesis, bukti saat ini menunjukkan ada beberapa manfaat jika tanaman digoyangkan. 

Apa efek menggoyangkan tanaman hias?

Efek tigmomorfogenesis yang paling nyata adalah mengubah laju pertumbuhan tanaman, mencegahnya tumbuh berkaki panjang dan malah menghambat pertumbuhan.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cantik dan Bermanfaat bagi Kesehatan

Ketika tanaman memiliki respons tigmonastik dari sentuhan, kemungkinan besar mereka akan menumbuhkan batang yang lebih tebal dan lebih kompak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com