Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2021, 16:57 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Area bawah tangga menjadi ruang yang kerap diabaikan banyak penghuni rumah sehingga mereka membiarkannya begitu saja.

Padahal, area di bawah tangga bisa sangat bermanfaat untuk menciptakan sebuah ruang yang baru di dalam rumah. Jika bingung memanfaatkan ruang di bawah tangga, ada beberapa ide yang bisa dicoba.

Dilansir dari pelbagai sumber, Jumat (1/10/2021), berikut ini ide memanfaatkan ruang di bawah tangga

Baca juga: Berapa Jarak Antar Anak Tangga yang Ideal? Berikut Penjelasannya

Ruang menempatkan lemari dan TV

Untuk hunian dengan tangga linier memanjang, area bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan lemari dan TV sehingga membuat area ini tampak "hidup" dan tertata. 

Area santai

Untuk hunian dengan tangga berbelok membentuk huruf L, kamu bisa memanfaatkannya menjadi area duduk. Untuk lebih maksimal, kamu bisa menambahkan laci dan rak penyimpanan. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membangun Tangga

 

Area dapur

Selanjutnya, ide memanfaatkan ruang di bawah tangga adalah menjadikan area dapur. Untuk hunian dengan tangga berbalik arah membentuk U, kamu bisa memanfaatkan ruang di bawah tangga sebagai dapur karena mempunyai ruang yang cukup luas.

Ruang penyimpanan tambahan

Ide memanfaatkan ruang di bawah tangga paling umum adalah menjadikannya sebagai ruang penyimpanan tambahan.

Agar bisa disesuaikan dengan luas dan ruang yang tersedia di bawah tangga, kamu perlu membuat lemari atau rak custom untuk tempat penyimpanan. 

Baca juga: Tangga Putar Tidak Bagus Menurut Feng Shui, Penyebab dan Solusinya 

Perpustakaan mini

Ruang bawah tangga juga bisa kamu manfaatkan sebagai perpustakaan mini yang menarik. Siapkan rak atau lemari khusus di area bawah tangga untuk menyimpan koleksi buku yang dimiliki.

Jika memungkinkan, tambahkan beberapa kursi atau bangku yang nyaman tepat di depan lemari buku. 

Baca juga: 4 Hama Rumah Tangga yang Berbahaya bagi Kesehatan

Ruang kerja

Area di bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja. Cukup menyiapkan sebuah meja dan kursi sudah cukup untuk membuat ruang kerja yang nyaman di bawah tangga.

Atur sedemikian mungkin agar terlihat lebih menarik. Tambahkan sedikit tanaman hias ataup rak yang dapat menyimpan buku-buku serta perlengkapan kerja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com