Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ide Rak Sepatu untuk Diletakkan di Pintu Masuk Rumah

Kompas.com - 30/09/2021, 15:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan rak sepatu di pintu masuk rumah dapat membantu memudahkan mencari dan mengambil sepatu saat hendak bepergian dan kembali ke rumah. 

Penempatan rak sepatu di pintu masuk rumah juga berfungsi mencegah membawa sepatu masuk ke rumah sehingga lantai rumah tetap bersih. 

Baca juga: 6 Trik Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Rak Sepatu Tertutup

Melansir dari Decor Tips, Kamis (30/9/2021), ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih rak sepatu untuk diletakkan di pintu masuk rumah.

Pertama, karakteristik area. Berapa banyak ruang yang dimiliki untuk rak sepatu? Apakah pintu masuk rumah lebar atau sempit? Gaya dekorasi seperti apa yang paling sering digunakan di rumah?

Kedua, kebutuhan. Rumah yang dihuni oleh satu orang akan berbeda dengan rumah yang dihuni berpasangan atau memiliki banyak anak. Untuk itu, sesuaikan bentuk dan dimensi rak sepatunya. 

Baca juga: Penyebab Sepatu Bau dan Tips Mengatasinya

Ketiga, rak yang memudahkan. Pilih rak sepatu yang memudahkan untuk dijangkau sehingga memudahkan mencari sepatu dan menjadikan area ini lebih rapi. 

Setelah mempertimbangkan hal di atas, berikut ini beberapa ide rak sepatu yang dapat diletakkan di pintu masuk rumah. 

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Noda Lumpur pada Sepatu 

Rak sepatu kabinet 

Rak sepatu ini memiliki kedalaman yang dangkal sehingga sangat cocok diletakkan di pintu masuk rumah. Biasanya, rak sepatu kebinet memiliki gaya klasik.

Selain menyimpan sepatu, rak sepatu ini bisa digunakan untuk meletakkan benda-benda di bagian atasnya dan menjadi elemen dekorasi.

Keuntungan lain dari rak sepatu kabinet ini dapat menyembunyikan sepatu dari tamu  sekaligus mencegah sepatu mengumpulkan debu

Baca juga: 6 Cara Menata Rak Dapur agar Rapi dan Sedap Dipandang 

Low bench 

Rak sepatu low bench adalah bangku yang memiliki ukuran panjang dan sempit dengan rak penyimpanan lebih rendah.

Setiap rak cukup untuk menaruh sepasang atau dua sepatu. Rak sepatu ini membuat sepatu tetap terlihat karena tidak memiliki penutup.

Untuk keluarga dengan anak-anak, rak sepatu ini adalah ide sempurna karena anak-anak dapat mengakses sepatu dengan mudah. Selain itu, bagian atas rak dapat digunakan untuk duduk dan mengenakan sepatu. 

Baca juga: Tips Menyimpan Tas dan Sepatu Kulit Agar Tetap Awet 

Bangku panjang dan rak sepatu di bawahnya 

Ide rak sepatu selanjutnya adalah bangku panjang dengan rak sepatu di bagian bawahnya. Sedikit berbeda dari rak sepatu sebelumnya, model rak sepatu ini menggunakan batangan baja sebagai pengganti rak.

Sepatu juga akan tetap terlihat dengan rak sepatu batangan baja. Sama dengan rak sepatu low bench, rak ini bisa digunakan sebagai tempat duduk untuk mengenakan sepatu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Decortips
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com