Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2021, 13:02 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber WHO

JAKARTA, KOMPAS.com-- Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day diperingati setiap tanggal 28 September. Tahun ini Hari Rabies Sedunia mengangkat tema “Rabies: Fakta, bukan Ketakutan”.

Terkait peringatan hari ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengajak masyarakat untuk memahami penyakit ini agar bisa melakukan pencegahan dan terhindar dari kesalahpahaman.

"Untuk rabies, ini bukanlah hal baru, karena ketakutan, kesalahpahaman, dan informasi yang salah tentang penyakit ini dan pencegahannya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Untuk itu, tema tahun ini difokuskan pada berbagi fakta tentang rabies, dan tidak menyebarkan ketakutan akan penyakit tersebut dengan mengandalkan informasi dan mitos yang salah," demikian dikutip dari laman WHO, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Hari Rabies Sedunia, Kenali Penyakitnya dan Vaksin Hewannya

WHO menambahkan bahwa meningkatkan kesadaran masyaraat akan penyakit ini sangatlah penting. Karena sebenarnya penyakit rabies 100 persen bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi pada populasi hewan.

"Kata “fear” memiliki tiga arti dalam tema tahun ini. Pertama, berkaitan dengan ketakutan umum yang disebabkan oleh rabies, ketakutan yang dialami orang-orang ketika bertemu hewan rabies, dan ketakutan bahwa orang-orang tinggal di komunitas yang terjangkit rabies," demikian kutipan dari WHO.

"Makna kedua berhubungan langsung dengan gejala ketakutan yang mungkin dialami orang ketika terinfeksi rabies. Terakhir, ketakutan berkaitan dengan ketakutan yang disebabkan oleh 'berita palsu' atau mitos tentang rabies – membuat orang takut akan vaksinasi, membuat orang takut untuk mensterilkan atau memvaksinasi hewan mereka, dan membuat orang percaya pada pengobatan yang tidak efektif untuk penyakit tersebut," lanjutnya.

Tema tema “Rabies: Fakta, bukan Ketakutan” sendiri diangkat agar masyarkat dapat berpartisipasi dengan cara yang berbeda sehingga Hari Rabies Sedunia bisa diikuti oleh semua lapisan masyarakat. 

Baca juga: Bisakah Kucing Terkena Rabies? Ini Penjelasan dan Gejalanya

Berikut adalah beberapa ide dan saran yang bisa kamu pertimbangkan saat merencanakan acara Hari Rabies Sedunia menurut WHO:

  • Pelajari fakta, bukan ketakutan: Didiklah diri sendiri dan bagikan pengetahuanmu dengan orang lain. Kamu dapat menjadi pendidik rabies bersertifikat dengan Sertifikat Pendidik

Halaman:
Sumber WHO
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com