Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deterjen Bubuk Vs Deterjen Cair, Kelebihan dan Kekurangannya

Kompas.com - 25/09/2021, 17:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Deterjen adalah aspek penting dalam mencuci pakaian. Ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, termasuk deterjen cair dan deterjen bubuk.

Namun demikian, mana yang lebih baik digunakan untuk mencuci pakaian? Para ahli mengatakan, memilih antara deterjen bubuk dan deterjen cair tergantung pada tujuan Anda.

Misalnya, deterjen bubuk cenderung lebih murah, tahan lama, menghasilkan lebih sedikit limbah, dan bagus untuk pakaian yang sangat kotor. Deterjen cair, di sisi lain, bekerja lebih baik dalam air dingin, lebih mudah diukur, dan dapat digunakan sebagai perawatan noda atau saat mencuci pakaian dengan tangan.

Baca juga: Simak, Tanda Menggunakan Terlalu Banyak Deterjen Saat Mencuci Pakaian

Dilansir dari Reader's Digest, Sabtu (25/9/2021), berikut kekurangan dan kelebihan deterjen bubuk dan deterjen cair, serta cara terbaik untuk menggunakannya.

Ilustrasi deterjen.PIXABAY/FRANK HABEL Ilustrasi deterjen.

Deterjen bubuk

Ada beberapa kelebihan deterjen bubuk untuk mencuci pakaian. Pertama, deterjen bubuk cenderung tidak mudah berantakan dibandingkan deterjen cair.

Deterjen bubuk pun cenderung lebih murah per beban cucian daripada deterjen cair. Selain itu, deterjen bubuk juga lebih tahan lama.

Aspek lainnya adalah deterjen bubuk memiliki kemasan yang lebih ramah lingkungan. Pun jumlah bubuk yang digunakan per beban dapat disesuaikan.

Baca juga: Apakah Deterjen Bisa Kedaluwarsa? Ini Penjelasannya

Deterjen bubuk juga ringan dibandingkan dengan deterjen cair. Deterjen ini pun bekerja dengan baik pada pakaian yang sangat kotor, seperti pakaian olahraga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com