Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Saat Pandemi, Ini Cara Membersihkan dan Mendisinfeksi Koper

Kompas.com - 20/09/2021, 07:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun pandemi Covid-19 belum usai, masyarakat kini masih dapat bepergian dan berlibur di dalam negeri. Saat bepergian atau liburan, pastilah kita membawa tas atau koper.

Namun, dengan meningkatnya kesadaran akan kuman dan bakteri setelah adanya virus corona, penting untuk membersihkan koper dan barang bawaan dengan benar sebelum memulai perjalanan dan setelah Anda kembali ke rumah.

Pavia Rosati, penulis buku Travel North America (And Avoid Being a Tourist) dan pendiri situs perjalanan Fathom menjelaskan, koper adalah benda yang "bekerja sangat keras" saat Anda berlibur atau bepergian.

Baca juga: Jangan Lupa, Begini Cara Disinfeksi Termometer yang Benar

"Anda pasti ingin menjaganya tetap rapi, tetapi akan sulit untuk mencoba menjaganya tetap bersih," ujar Rosati seperti dikutip dari Martha Stewart, Senin (20/9/2021).

Ilustrasi koper. PIXABAY/KATYVELDHORST Ilustrasi koper.

Rosati membagikan tipsnya untuk membersihkan koper dan menjaganya dalam kondisi yang baik di setiap perjalanan Anda. Berikut cara membersihkan koper dan mendisinfeksinya menurut Rosati.

Rawat bagian luar koper dari lecet, goresan, noda, dan kuman

Pertama, penting untuk diingat bahwa apakah Anda bepergian dengan pesawat, kereta api, atau bus, Anda tidak akan menjadi satu-satunya orang yang menyentuh koper.

"Anda tidak tahu di mana koper Anda atau siapa yang menanganinya, jadi ada baiknya Anda membersihkannya dengan benar," ujar Rosati.

Baca juga: Tips Menyimpan Tas dan Sepatu Kulit Agar Tetap Awet

Dia merekomendasikan untuk mendisinfeksi koper Anda, termasuk pegangan dan roda koper, dengan larutan berbasis alkohol dan kain mikrofiber.

Setelah koper Anda disanitasi, lecet dan goresan pada koper mungkin memerlukan perawatan. Untuk koper kain atau koper hardcase, Rosati menggunakan kain lembap dan semprotan pembersih serbaguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com