Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Mengepel Lantai Rumah Menggunakan Cairan Pembersih?

Kompas.com - 19/09/2021, 16:20 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Clean Link

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengepel lantai merupakan aktivitas bersih-bersih yang penting dilakukan setiap penghuni rumah guna membuat lantai rumah menjadi bersih, berkilau, dan bebas kuman

Saat mengepel lantai rumah, biasanya kita dianjurkan untuk menggunakan cairan pembersih agar lantai lebih bersih dan efektif membunuh kuman. 

Baca juga: Bisakah Menggunakan Detergen Cair untuk Mengepel Lantai?

Namun, apakah mengepel lantai rumah harus selalu menggunakan cairan pembersih lantai? Apakah menggunakan air saja tidak cukup?

Dilansir dari Clean Link, Minggu (19/9/2021), debu dan kotoran yang ringan pada permukaan lantai dapat dihilangkan dengan efektif hanya menggunakan air.

Namun, untuk kotoran atau noda yang lebih berat seperti tumpahan sirup yang lengket dan cairan berbasis minyak, membutuhkan pembersihan lebih dari air. 

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Mengepel Lantai yang Harus Dihindari

Permukaan lantai yang sudah terasa lengket, terlebih terpapar noda yang lebih berat, harus dibersihkan dengan cairan pembersih lantai berbahan kimia. Bahan kimia dalam cairan pembersih lantai juga memudahkan kamu mengepel lantai.

"Kami telah melakukan banyak pengujian yang membandingkan air keran alami, air keran yang dimodifikasi, dan bahan kimia pembersih (cairan pembersih lantai). Dalam beberapa kasus, ketiganya bekerja sama pada kotoran anorganik ringan," kata Paul Lewandowski, Manajer Produk Peralatan, Betco Chemical Corporation.

Akan tetapi, pengujian menunjukkan perbedaan yang signifikan saat membersihkan kotoran organik seperti lemak dan minyak pada permukaan lantai. 

Baca juga: Mengepel Lantai dengan Deterjen, Efektifkah? Ini Penjelasannya

Cairan pembersih lantai secara signifikan mengungguli semua opsi air keran saat mengepel lantai. "Berdasarkan hasil tersebut, kami merekomendasikan menggunakan jenis bahan kimia pembersih netral (dalam mengepel lantai)," jelas Paul.

Jadi, disarankan menggunakan air keran untuk mengepel lantai dengan sedikit kotoran. Namun, jika berurusan dengan jenis kotoran tertentu atau kotoran yang sulit (lemak, minyak, makanan, dan es mencair) disarankan menggunakan cairan pembersih lantai yang sesuai dengan material lantai. 

Baca juga: Mengepel Lantai dengan Cuka, Ini Manfaat dan Caranya

Pada jenis kotoran dan lantai tertentu, kamu mungkin perlu pembersih lantai yang mengandung surfaktan atau bahan kimia berbasis alkali yang diencerkan untuk membersihkan atau mengepel lantai dengan tepat.

"Penggunaan cairan pembersih lantai yang tepat efektif memutus ikatan lengket yang menahan noda berminyak ke lantai," tutur Richard “Bo” Bodo, Direktur Pengembangan Bisnis di Windsor Industries.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Clean Link
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com