Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2021, 23:19 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.comIkan cupang atau beta fish menjadi salah satu ikan hias yang sedang diminati. Sayangnya, ikan ini tak berumur panjang yakni hanya 2-5 tahun saja.

Untuk itu, ikan cupang harus dijaga agar bisa mencapai umur maksimalnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menciptakan lingkunan yang baik yang diperlukan oleh ikan dan yang harus dicocokkan dengan kondisi alamiahnya di alam bebas.

Sebagian besar ikan akuarium berasal dari daerah tropis hangat dengan air yang mengalir, sehingga memerlukan akuarium aerasi dengan kualitas air yang baik dan suhu berkisar antara 22 hingga 27 derajat C.

Ikan cupang sendiri merupakan ikan yang spesial, karena ia bisa bernapas dengan udara. Karena itulah ikan cupang bahkan bisa hidup di mangkuk atau toples kecil tanpa memerlukan filter udara ataupun aerasi.

Baca juga: Bisakah Ikan Mas Koki Hidup di Fish Bowl Tanpa Filter?

Meski demikian, ikan cupang tetap membutuhkan kualitas air yang baik dan suhu air yang hangat. Sayangnya, menyediakan lingkungan seperti itu dalam mangkuk kecil agak sulit.

Namun, bukan tidak mungkin menjadikan mangkuk atau toples kecil sebagai rumah yang cocok untuk ikan cupang. Hal ini bisa diwujudkan asalkan pemiliknya mengganti air secara teratur.

Berikut beberapa tips untuk menciptakan lingkungan hidup yang baik bagi cupang supaya panjang umur, seperti dilansir dari The Spruce Pets, Sabtu (18/9/2021).

1. Ikan cupang merupakan ikan tropis

Ikan cupang berasal dari Asia Tenggara tropis, di mana suhu air biasanya sekitar 26 C sepanjang tahun. Jika kamu tinggal di daerah beriklim sedang, cuaca musim dingin dapat menjadi penghalang.

Suhu dingin akan membuat ikan cupang stres dan membuatnya jauh lebih rentan terhadap penyakit. Menempatkan mangkuk di lokasi yang lebih hangat di dalam rumah akan membantu.

Baca juga: Cara Merawat Ikan Cupang agar Siripnya Besar

2. Apakah ikan cupang membutuhkan tanaman untuk dimakan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com