Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Mendekorasi Dapur Kecil Terasa Nyaman dan Menyenangkan

Kompas.com - 12/09/2021, 19:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca atau musim dingin secara alami membuat rumah terasa sejuk dan nyaman. Udara sejuk ini sering kali dimanfaatkan orang-orang untuk mendekorasi ruangan, termasuk dapur

Jika mencari ide untuk membuat dapur kecil terasa nyaman dan menyenangkan, Anda tidak perlu mengosongkan tabungan atau menghabiskan terlalu banyak biaya.  

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Keran Dapur Baru

Ada beberapa trik sederhana mendekorasi dapur seperti mengecat ruangan dapat menciptakan suasana nyaman yang berlangsung sepanjang tahun.

Melansir dari Today's Homeowner, Minggu (12/9/2021), berikut ini lima ide mendekorasi dapur kecil terasa nyaman dan menyenangkan selama cuaca dingin. 

Baca juga: Menurut Psikolog, Jangan Gunakan Warna Ini untuk Interior Dapur 

Fokus pada tekstur

Hiasi dapur dengan lemparan bertekstur dan bantal di kursi beraksen serta kursi dekat jendela. Anda juga dapat membuat palet musim dingin menggunakan perawatan jendela gelap dan alas piring yang serasi.

Jangan lupa untuk memperhatikan permukaan lantai. Isi ruang kosong di tengah dapur dengan karpet bundar yang cocok dengan perawatan jendela. 

Baca juga: Simak, Tips Membuat Wastafel Dapur Selalu Bersih dan Bersinar

Ubah skema warna 

Apakah dapur kecil Anda memiliki dinding aksen atau dinding tanpa dekorasi? Jika demikian, cat dengan warna gelap seperti merah tua, zaitun, oranye hangat, atau cokelat.

Apabila tidak ingin mengecatnya, hiasi dengan satu atau dua karya seni yang menampilkan warna-warna cerah serta dalam.

Baca juga: Singkirkan Segera 5 Benda Ini dari Dapur Anda 

Selain itu, jangan lupakan kabinet dan lemari. Anda dapat mengecat meja laminasi dengan warna solid atau memberi tampilan bertekstur dengan desain granit atau marmer. Bisa juga mengecat lemari dengan warna terang atau gelap.

Sebenarnya, tidak ada cara yang salah untuk mengecat dapur agar terasa nyaman, tapi inilah panduan amannya. Padukan warna terang pada dinding dengan warna terang pada meja dan lemari, warna gelap dengan warna gelap, atau mainkan kontras antara warna terang dan gelap.

Baca juga: 3 Tips Menciptakan Dapur Zero Waste dan Ramah Lingkungan 

Hiasi dengan lilin

Menambahkan beberapa lilin di satu tempat seperti di ambang jendela atau menyebarkannya ke seluruh ruangan adalah cara terjangkau untuk menambahkan pencahayaan aksen, terutama untuk makan malam yang intim dan membuat dapur terasa nyaman.

Gunakan lilin dengan ketinggian yang bervariasi untuk membuat pengaturan menarik perhatian. Untuk menghindari memenuhi dapur dengan wewangian, pastikan hanya satu lilin yang beraroma.  

Baca juga: Tips Meletakkan Tanaman di Dapur Menurut Feng Shui

Letakan tanaman dalam ruangan

Tanaman hias memberikan kesegaran di rumah. Pada musim dingin, tidak hanya berfungsi menyegarkan, tetapi juga menjadi dekorasi.

Letakan beberapa tanaman dalam ruangan di dapur seperti di sudut dapur dan di dekat meja island atau meja dapur. 

Baca juga: 3 Tips Mendesain Gaya Dapur Masa Kini

Tambahkan item tembaga dan alat kayu

Tembaga memiliki warna yang menarik dan bernuansa bumi yang cocok dengan berbagai kombinasi warna.

Mendekorasi dengan beberapa benda tembaga seperti panci dan wajan adalah cara jitu mendekorasi dapur kecil terasa nyaman dan menyenangkan. 

Hal yang sama berlaku ketika Anda menambahkan kayu seperti sendok kayu, talenan, dan mangkuk salad. Ingat, mendekorasi dapur juga dapat mencerahkan suasana hati dan meningkatkan produktivitas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com