Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini 4 Trik Membuat Aglonema Cepat Bertunas

Kompas.com - 12/09/2021, 13:50 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika merawat tanaman aglonema, banyak mereka yang merawat menginginkan tanaman aglonema bisa cepat bertunas.

Pasalnya, tunas aglonema bisa dimanfaatkan untuk memperbanyak tanaman aglonema kembali sehingga tidak perlu untuk membelinya. Ada beberapa trik yang perlu dilakukan agar tanaman aglonema cepat bertunas,.

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Minggu (12/9/2021), berikut ini trik membuat aglonema cepat bertunas

Baca juga: Mudah dan Higienis, Ini Cara Menanam Bonggol Aglonema di Toples

Tanam aglonema agak miring

Ketika menanam aglonema, usahakan untuk sedikit dimiringkan. Jadi, jangan tanam aglonema ke dalam media tanam secara tegak lurus.

Ketika tanaman aglonema ditanam agak miring, hal ini bisa membuat mata tunasnya lebih cepat keluar dibandingmenanamnya secara vertikal atau tegak lurus. 

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Hama Kutu Putih pada Tanaman Aglonema

Media tanam aglonema harus benar-benar bernutrisi

Pastikan media tanam aglonema mengandung pupuk kandang atau kotoran hewan yang dicampur dengan sekam dan tanah.

Komposisi media tanam dari pupuk kandang terdiri atas dua bagian sekam, satu bagian tanah, dan satu bagian pupuk kandang.

Pupuk kandang berguna sebagai nutrisi media tanam benar-benar mencukupi untuk aglonema bertunas

Baca juga: Penyebab Daun Aglonema Mengecil dan Cara Mengatasinya

Apabila media tanam aglonema tidak menggunakan pupuk kandang, kamu bisa menaburkan pupuk kandang ke media tanam aglonema.

Caranya, cukup larutkan pupuk kandang dengan air, lalu siramkan sedikit ke media tanam aglonema. Cara ini bertujuan menambah nutrisi media tanam.

Lakukan penyiraman larutan pupuk kandang ke media tanam aglonema setiap tiga minggu sekali. Saat penyiraman, usahakan agar larutan pupuk kandang tidak mengenai daun maupun batang aglonema. 

Baca juga: Rekomendasi Pupuk untuk Aglonema agar Subur dan Daunnya Lebat

Tempatkan aglonema di tempat yang sangat teduh

Trik lainnya agar tanaman aglonema cepat bertunas adalah menempatkannya pada tempat yang sangat teduh atau bisa pula di dalam ruangan.

Jadi, letakkan aglonema di tempat tidak terkena cahaya matahari langsung atau dibawah lindungan. Hal ini bertujuan agar aglonema lebih segar sehingga lebih subur dan cepat bertunas. 

Baca juga: Tips Membuat Tanaman Aglonema Cepat Bertunas

Ketahui kondisi aglonema 

Terakhir, trik membuat aglonema cepat bertunas adalah mengetahui kondisi aglonema. Perlu diketahui bahwa ada aglonema yang sulit bertunas dan ada aglonema yang lebih mudah bertunas.

Namun, kalau kondisi fisik aglonema yang mudah bertunas tidak memungkinkan bertunas, tanaman aglonema tidak akan bertunas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com