Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Dipel, Ini Cara Membersihkan Tumpahan Minyak di Lantai Dapur

Kompas.com - 08/09/2021, 11:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Area dapur merupakan ruangan yang sering digunakan setiap harinya. Sebab itu, banyak tumpahan yang terjadi di area ini, khususnya tumpahan minyak yang sulit untuk dibersihkan.

Dilansir dari Hunker, Rabu (8/9/2021) karena minyak goreng cenderung meninggalkan residu lengket dan licin, menghilangkan tumpahan minyak harus melibatkan penyerapan, dan pembersihan dengan sabun dan air.

Berikut cara untuk membersihkan lantai dapur dari tumpahan minyak goreng. 

Baca juga: Mudah, 6 Cara Alami Membasmi Kutu Beras dan Kumbang Tepung di Dapur

Serap tumpahan minyak di dapur

Ketika menemukan tumpahan minyak goreng di lantai atau permukaan lainnya seperti meja dapur, biasanya banyak orang tergoda untuk menggunakan lap untuk membersihkan minyak dari permukaan lantai, dengan cara yang sama seperti membersihkan air yang tumpah.

Padahal, cara itu adalah cara yang salah, karena dapat menyebabkan minyak menyebar dan menutupi lebih banyak area. Hal ini dapat mengakibatkan lengket atau bahkan lantai licin dan tidak aman dilewati.

Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan sesuatu yang akan menyerap minyak. Anda dapat menaburkan bubuk granular di atas minyak, atau menggunakan lembaran penyerap yang dirancang untuk menyerap noda minyak tanpa menyebarkannya.

Jika Anda harus menyeka tumpahan minyak, berhati-hatilah untuk menyeka minyak dengan handuk daripada mengelapnya dengan gerakan memutar atau maju mundur.

Baca juga: Tips Membersihkan Wastafel Dapur dengan Bahan Alami

Bubuk granular untuk menyerap, yang dapat dibeli di toko atau ditemukan di toko online, menggunakan partikel tanah liat untuk menyerap minyak yang tumpah.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan beberapa bahan dasar yang mungkin sudah Anda miliki di dapur, yang bisa sama efektifnya saat Anda ingin menghilangkan minyak dari ubin lantai. Tepung maizena adalah penyerap, bubuk halus yang dapat digunakan untuk membersihkan tumpahan minyak goreng.

Oatmeal, pasir kucing, serbuk gergaji, dan serutan kayu adalah pilihan bagus lainnya.

Hilangkan noda minyak dari berbagai jenis lantai

Setelah Anda menyerap minyak yang tumpah dari lantai, Anda harus membersihkan noda minyak untuk mencegah lengket atau permukaan yang licin.

Halaman:
Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com