Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Manfaatkan Ruang di Bawah Tangga, Penyimpanan hingga Meja Kerja

Kompas.com - 03/09/2021, 07:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda tinggal di rumah dua lantai, ruang di bawah tangga kerap kali kosong. Namun demikian, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan ruang di bawah tangga secara optimal.

Dengan sedikit kreativitas, area tangga dapat diubah menjadi ruang kerja atau ruang penyimpanan fungsional. Dengan begitu, pemanfaatan ruang secara keseluruhan di rumah menjadi optimal.

Dikutip dari Extra Space, Jumat (3/9/2021), berikut beberapa ide kreatif memanfaatkan ruang di bawah tangga yang dapat menjadi inspirasi Anda.

Baca juga: Tangga Putar Tidak Bagus Menurut Feng Shui, Penyebab dan Solusinya

1. Rak buku di bawah tangga

Pasang beberapa rak atau lemari, isi dengan novel atau buku-buku favorit Anda, dan ubah ruang di bawah tangga menjadi perpustakaan rumah kecil yang cantik.

Area ini memberikan solusi penyimpanan buku yang sempurna tanpa harus menambahkan furnitur tambahan ke ruangan lain. Anda juga dapat menyimpan majalah, album foto, dan permainan papan di sini.

2. Ruang bermain anak

Ubah ruang terbuka di bawah tangga menjadi ruang bermain anak-anak. Ini tidak hanya membuat tempat main yang menyenangkan untuk si kecil, tetapi Anda dapat menyimpan buku, permainan, dan mainan di ruang ini agar semuanya tersimpan rapi.

3. Laci penyimpanan di bawah tangga

Laci geser adalah cara mudah dan ringkas untuk memaksimalkan ruang penyimpanan di bawah tangga yang jika tidak demikian akan terbuang sia-sia.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membangun Tangga

Laci juga menyediakan cara untuk menyembunyikan barang-barang yang tidak sedap dipandang, membuatnya bagus untuk rumah kecil yang mungkin tidak memiliki cukup ruang lemari.

4. Ruang penyimpanan custom

Area di bawah tangga bisa jadi sulit untuk dimaksimalkan sepenuhnya karena bentuknya yang kerap aneh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com