Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Menarik Bunga Dahlia yang Kaya Sejarah dan Makna Mendalam

Kompas.com - 15/08/2021, 08:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dahlia adalah salah satu bunga musim panas yang paling digemari para pencinta bunga. Bunga ini umumnya dapat dijumpai di taman, pasar bunga, dan acara pernikahan. 

Bunga dahlia memiliki tampilan yang cantik dan beragam, dari ukuran, bentuk, hingga warna yang indah, di antaranya pink, oranye, merah, juga kuning. 

Baca juga: 6 Bunga Cantik yang Bisa Tahan Lama di Vas

Tak heran, dahlia dinobatkan menjadi bunga terbaik pada 2019 oleh National Garden Bureau's atau Biro Taman Nasional. 

Di balik keindahan yang dimiliki, bunga dahlia memiliki sejarah yang kaya yang kemungkinan besar tidak disadari para pencinta bunga. 

Nah, melansir dari laman Better Homes and Garden, Minggu ( 15/8/2021), berikut ini lima fakta menarik bunga dahlia yang penuh sejarah dan makna. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Matahari, Kaya Manfaat hingga Menjadi Ikon Seni 

Ada ribuan jenis dahlia

Bunga dahlia memiliki banyak varietas melebih dari yang biasa terlihat di berbagai tempat. Ada 30 spesies dan lebih dari 20.000 kultivar dahlia. Kultivar tersebut dikategorikan berdasarkan ukuran, pola bunga, dan kemiripannya dengan bunga lain seperti bunga teratai, anemon, dan kaktus mekar).

Jenis bunga hias besar dan jenis kaktus merupakan varietas yang paling populer dan banyak  digunakan tumbuh di taman serta dijadikan bunga potong. 

Baca juga: 8 Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Pupuk Bunga Mawar 

Awalnya diklasifikasikan sebagai sayuran

Selajutnya, fakta menarik bunga dahlia adalah diklasifikasikan sebagia sayuran. Nama dahlia dinamai ahli botani Swedia abad ke-18, Anders Dahl.

Dahl sebenarnya awalnya mengkategorikan dahlia sebagai sayuran karena umbinya yang bisa dimakan. Konon, umbinya tersebut memiliki rasa seperti campuran antara kentang dan lobak. 

Baca juga: Cara Menyiram Bunga Anggrek agar Tidak Busuk

Memiliki makna mendalam 

Ilustrasi bunga dahlia pinkUnsplash/Michael S Ilustrasi bunga dahlia pink
Bunga dahlia umum digunakan dalam acara pernikahan. Hal ini tidak hanya karena penampilannya yang cantik, tetapi juga memiliki makna mendalam.

Selama era Ratu Victoria, dahlia adalah simbol komitmen dan persatuan abadi. Bunga dahlia juga digunakan untuk mewakili kekuatan batin, kreativitas, juga keanggunan. 

Baca juga: 4 Fakta Unik Bunga Iris, Sudah Ada Sejak Zaman Yunani Kuno 

Berasal dari Amerika Tengah

Dahlia pinnata adalah bunga nasional Meksiko karena tanaman ini pertama kali tercatat di negara itu pada 1615. Umbi pertama dikirim ke Eropa oleh pemukim Spanyol di Meksiko.

Sebelumnya, umbi dahlia digunakan untuk menyeimbangkan gula darah karena kandungan fruktosanya yang tinggi. Kelopaknya digunakan untuk mengobati kulit kering, infeksi, ruam, dan gigitan serangga. 

Baca juga: Tips Menanam Bunga Kaca Piring, Si Putih yang Wangi

Tidak ada dahlia biru

Seperti dijelaskan sebelumnya, bunga dahlia datang dalam berbagai warna seperti pink, merah, kuning, oranye, dan putih. Namun, bunga ini tidak memiliki warna biru. 

Pada abad ke-19, sebuah surat kabar London menawarkan uang sekitar Rp19 ribu kepada peternak pertama untuk membuat dahlia biru. Namun, hal itu tidak berhasil. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Pukul Empat

Ada banyak upaya yang mendekati biru, tetapi bukan bunga biru sejati. Sama dengan banyak varietas bunga, tidak ada varietas hitam murni—hanya merah tua dan ungu tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com