Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop, Ini Dampak Buruk Memberi Makan Kucing Menggunakan Mangkuk

Kompas.com - 11/08/2021, 11:38 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan pemilik kucing peliharaan biasanya akan menggunakan mangkuk untuk wadah makanan kucing. 

Namun, memberi makan menggunakan mangkuk ternyata bisa berdampak buruk bagi kucing sehingga metode ini perlu dihentikan. 

Baca juga: Cara Meminimalkan Bau Tak Sedap dari Kotak Pasir Kucing

Dikutip dari kanal YouTube Dokter Hewan, Rabu (11/8/2021), memberi makan kucing menggunakan mangkuk sudah ditinggalkan di beberapa negara maju karena dapat  berpengaruh terhadap kadar dopaminnya (sensasi bahagia).

Sebuah penelitian pun dilakukan untuk membandingkan kucing yang diberi makan menggunakan mangkuk dengan kucing yang makan dengan cara berburu.

Kadar dopamin kucing yang makan dengan cara berburu ternyata lebih tinggi dibanding kucing yang makan menggunakan mangkuk. 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Menjilati Tubuhnya

Elizabeth Bales, seorang dokter hewan di Red Lion Veterinary Hospital, New Castle, Delaware, Amerika Serikat, mengatakan kucing yang diberi makan menggunakan mangkuk lama-kelamaan merasa bosan dan tidak bahagia.

Selain itu, ada sejumlah dampak buruk memberi makan kucing menggunakan mangkuk seperti di bawah ini. 

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kucing yang Pemalu Tiba-tiba Berbaring di Tubuh Kita

Kucing menjadi pemalas

Ketika kucing rutin diberi makan menggunakan mangkuk, hal ini secara tidak disadari dapat  memanjakannya.

Pada akhirnya, kucing peliharaan menjadi begitu malas dan tidak tahu harus melakukan apa lantaran kehidupan kucing terjamin oleh pemiliknya.

Karena terlalu dimanjakan, lama-lama kucing menjadi pemalas, tidak semangat, serta bosan sehingga membuatnya bisa melakukan hal-hal negatif seperti merusak kursi, memanjat tidak jelas, juga menjatuhkan benda.  

Baca juga: 4 Alasan Kucing Memindahkan Mangkuk Air Miliknya

Menimbulkan obesitas dan penyakit

Ketika seekor kucing merasa makannya sudah terjamin dan diberikan menggunakan mangkuk, hal ini membuat kucing kurang beraktivitas.

Pada akhirnya, kucing menjadi begitu malas bergerak, yang akhirnya membuat kucing mengalami obesitas dan mengalami sejumlah penyakit seperti gangguan pencernaan, masalah perkemihan, hingga gangguan kulit. 

Baca juga: Sejarah Hari Kucing Sedunia dan Bagaimana Merayakannya

Kualitas hidup berkurang

Kucing yang diberi makan menggunakan mangkuk membuat kualitas hidupnya berkurang karena kucing bingung harus bagaimana menjalani kehidupan.

Pada hakikatnya, kucing adalah hewan berburu sehingga sebagian waktunya banyak digunakan untuk memburu makanan, bukan makan di mangkuk.

Pada intinya, memberi makan kucing menggunakan mangkuk adalah sebuah cara atau metode buruk karena sangat memanjakannya.  

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Membuang Kotoran di Lantai dan Cara Mengatasinya

Untuk itu, Elizabeth menyarankan setiap pemilik kucing untuk meletakkan makanan kucing di dalam mainan tikus-tikusan.

Setelah itu, letakkan tikus-tikusan tersebut secara tersembunyi di beberapa ruangan di rumah sehingga membuat kucing seolah tengah berburu.

Ketika kucing berburu tikus-tikusan dan memainkannya, maka makanan akan jatuh serta kucing bisa memakannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com