Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2021, 07:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan humidifier di rumah maupun dalam ruangan lainnya terus meningkat sejak pandemi virus Covid-19.

Pasalnya, humidifier tidak hanya menjaga kelembapan dan kualitas udara di ruangan sehingga tidak kering, tetapi juga membasmi kuman dan bakteri di rumah, meringankan gejala flu dan asma, serta mencegah radang tenggorokan.

Baca juga: Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Humidifier

Keberadaan humidifier di rumah mungkin tidak sepenting peralatan elektronik lainnya seperti kulkas dan oven, tetapi peningkatan kelembapan yang diberikan alat ini membuat hari-hari kita di rumah menjadi jauh lebih sehat serta menyenangkan. 

Lantaran menyuntikkan kelembapan ke dalam ruangan, banyak orang yang mungkin mengira bahwa mesin pembersih ini tidak memerlukan perawatan. 

Baca juga: Apakah Perlu Menggunakan Humidifier di Ruangan Ber-AC?

Padahal, humidifier juga perlu dirawat dan dibersihkan agar kinerja tetap prima dan lebih tahan lama. Tak perlu khawatir, membersihkan humidifier tidak sesulit yang Anda kira. Pembersihannya sangat mudah dan murah.

Melansir dari laman My Domaine, Rabu (11/9/2021), berikut ini lima langkah membersihkan humidifier. 

Baca juga: 10 Cara Melembabkan Udara di Dalam Rumah Tanpa Humidifier 

Siapkan humidifier

Meski humidifier berurusan dengan air setiap hari, tetap saja saat membersihkannnya perlu berhati-hati karena ini merupakan alat listrik.

Jadi, sebelum memulai pembersihan, ahli kebersihan Dean Davies, menyarankan menyiapkan mesin untuk pembersihan menyeluruh.

"Cabut steker humidifier dari sumber listrik, kemudian bongkar sepenuhnya, dan kosongkan air lama," katanya. 

Baca juga: Humidifier dan Diffuser, Apa Perbedaan Keduanya? 

Gunakan cuka putih

Davies mengatakan untuk membersihkan humidifier, ia menggunakan cuka putih suling. Cuka ini bermanfaat mengeluarkan dan melarutkan kotoran serta debu tanpa bahan kimia keras.

Untuk hasil terbaik, Davies merekomendasikan mengisi dasar humidifier dengan cuka putih suling sehingga elemen pemanas benar-benar terendam di dalamnya.

"Biarkan selama 30 menit, Ini akan membantu menghilangkan kerak atau penumpukan mineral dari elemen pemanas," ucapnya. 

Baca juga: Sering Terbalik, Ini Perbedaan Humidifier dan Dehumidifier

Namun, jangan langsung menyingkirkan cuka putih dulu. Davies merekomendasikan mengisi wadah humidifier dengan air dan cuka dalam jumlah yang sama.

"Tutup dan kocok kuat-kuat untuk mendapatkan solusi di seluruh bagian dalam reservoir, lalu diamkan selama sekitar 30 menit." 

Baca juga: Apakah Butuh Humidifier di Rumah? Ini Penjelasannya 

Gosok 

Meski cuka putih suling dapat membersihkan kotoran membandel, hal itu tidak mudah. Setelah 30 menit berlalu, Anda perlu mengoleskan sedikit minyak siku, terutama jika humidifier baru dibersihkan dalam waktu lama. 

Halaman:
Sumber My Domaine
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com