Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendisinfeksi Rumah Secara Menyeluruh dengan Anggaran Terbatas

Kompas.com - 09/08/2021, 15:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendisinfeksi rumah kini menjadi kegiatan yang semakin gencar dilakukan sejak pandemi virus Covid-19. Area-area di rumah yang biasa dibersihkan setiap minggu, kini menjadi harian.

Hal ini tak lain untuk menjaga rumah agar tetap bersih dan sehat serta membasmi kuman, bakteri, juga virus. Kegiatan ini tentu saja menjadi lebih berat, melelahkan, bahkan membutuhkan biaya tambahan. 

Baca juga: 5 Trik Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Praktis

Meski begitu, mendisinfeksi rumah secara menyeluruh tidak selalu membutuhkan alat mewah atau bantuan profesional. Anda bisa melakukannya sendiri dengan anggaran terbatas.

Caranya, melakukan pembersihan rumah sederhana dan terjangkau menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Tak perlu khawatir, solusi pembersihan ini tak kalah dari pembersih profesional. Pembersihan ini dapat bekerja baik untuk membasmi virus dan bakteri di rumah. Lantas, bagaimana caranya?

Melansir dari laman Home and Decor, Senin (9/8/2021), berikut ini cara mendisinfeksi rumah secara menyeluruh. 

Baca juga: 5 Tips dan Trik Membersihkan Rumah agar Tampak Berkilau

Menggunakan pemutih 

Pemutih adalah salah satu produk pembersih rumah tangga paling umum yang dimiliki di rumah. Selain digunakan untuk menghilangkan noda pada kain, pemutih dapat dimanfaatkan   untuk membersihkan benda-benda di rumah. 

Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan penggunaan larutan pemutih sebanyak lima sendok makan (? cangkir) dengan empat liter air atau empat sendok teh pemutih untuk satu liter air. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Rumah di Sela-sela Kesibukan

Anda dapat menyimpan larutan dalam botol semprot dan menggunakannya untuk membersihkan permukaan yang keras atau benda di rumah. 

Lantaran merupakan bahan pembersih yang keras, kenakan sarung tangan untuk melindungi kulit. Selain itu, menjauhkannya dari logam atau cat karena paparan pemutih yang terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan pada bahan-bahan ini. 

Baca juga: 5 Mitos Tentang Cara Membersihkan Rumah yang Sebenarnya Keliru 

Semprotan disinfektan fenolik

Untuk karpet, sofa, dan permukaan lembut lainnya seperti bantal, kasur, serta tempat tidur yang tidak dapat dimasukkan ke mesin cuci, gunakan semprotan disinfektan fenolik untuk membersihkan seluruh permukaan dan biarkan hingga 10 menit agar bahan aktif dari semprot bekerja.

Semprotan beraroma ini tidak hanya membunuh virus dan bakteri, tetapi juga membuat furnitur tetap segar.

Semprotan ini juga dapat digunakan pada pakaian yang terbuat dari kain yang tidak dapat dicuci. Biarkan disinfektan mengering pada permukaan benda atau furnitur yang disemprot. 

Baca juga: Cara Membersihkan Rumah Setelah Selesai Isoman 

Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida umumnya digunakan sebagai disinfektan dalam pengaturan perawatan kesehatan. Menurut CDC, tiga persen hidrogen peroksida mampu menonaktifkan rhinovirus dalam waktu delapan menit.

CDC juga menyatakan bahwa hidrogen peroksida tiga persen yang tersedia secara komersial adalah disinfektan yang stabil dan efektif digunakan pada permukaan benda mati. 

Baca juga: Sarang Debu, 5 Area Ini Malah Sering Dilupakan saat Membersihkan Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com