Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Membuat Rumah Terlihat Berantakan, Apa Saja?

Kompas.com - 08/08/2021, 18:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang bersih dan rapi tentu menjadi idaman banyak orang. Tampilan rumah yang demikian tidak hanya memberi kenyamanan, tetapi juga berdampak baik bagi kesehatan, terlebih kesehatan mental.

Rumah yang berantakan tentu membuat siapa pun yang melihat kesal hingga memicu stres, bahkan enggan berada di rumah. 

Baca juga: 6 Langkah Penting Merapikan Kamar Tidur yang Berantakan

Namun, meski telah rutin dirapikan, rumah masih saja terlihat berantakan. Lantas, apa yang menyebabkannya?

Melansir dari laman HGTV, Minggu (8/8/2021), berikut ini enam hal yang membuat rumah berantakan, dari ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur, hingga dapur, dan cara mengatasinya. 

Baca juga: 4 Hal yang Membuat Ruang Keluarga Tampak Berantakan 

Rak terbuka

Rak terbuka terlihat efisein dan sangat fungsional, tetapi ini bisa menjadi sumber kekacauan sehari-hari di dapur Anda. Untuk membuat rak terlihat rapi dan sederhana, cobalah bermain pada kohesi warna. 

Hindari tampilan piring yang tidak serasi dan pilihlah meja makan serba putih untuk memberi kesan bersih dan teratur pada ruang dapur. 

Baca juga: 6 Hal yang Justru Bisa Buat Rumah Jadi Tampak Berantakan 

Kabel yang kusut dan terbuka

Kabel yang tampak kusut dan terbuka, yang menempel di dinding, tanpa disadari dapat membuat rumah terlihat berantakan.

Untuk itu, sebaiknya rapikan kabel dan berkreasilah dengan penutup kabel sebagai upaya untuk menyembunyikannya sehingga tampak rapi dan tidak terlihat oleh pandangan mata. 

Baca juga: 7 Hal yang Membuat Rumah Terlihat Berantakan, Apa Saja? 

Surat menumpuk pada area pintu masuk 

Area pintu masuk menjadi salah satu ruang di rumah yang kerap berantakan. Area ini sering kali dipenuhi tumpukan surat, sepatu, paket, koran, kunci, dan apa pun yang Anda bawa pulang dari kantor.

Karena itu, segera rapikan dan sediakan tempat penyimpanan di sana untuk menangani segala kekacauan. 

Baca juga: Hentikan 6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Rumah Berantakan dan Kotor Ini 

Tempat tidur yang tidak dirapikan

Selanjutnya, hal yang membuat rumah berantakan adalah tempat tidur yang tidak dirapikan. Merapikan tempat tidur tidak hanya langsung membuat kamar terlihat lebih bersih dan tertata, tetapi juga membantu tidur lebih nyenyak. 

Benda-benda berserakan di lantai

Benda-benda yang berserakan di lantai seperti mainan hewan peliharaan, setumpuk kertas,  sana, pakaian yang tergeletak di sudut ruangan menjadi tanda jelas bahwa rumah tampak berantakan.

Mungkin hal ini bukan masalah besar, tetapi bila didiamkan dapat membuat kewalahan. Cobalah membuat diri Anda bertanggung jawab dan mengambil apa pun yang Anda letakkan. Segera bersihkan lantai dengan menyapu dan mengepelnya. 

Baca juga: 6 Kesalahan yang Membuat Dapur Kotor dan Berantakan

Sisa cucian

Sebuah kaus kaki atau pakaian bersih yang tergerai di sana-sini mungkin terlihat sepele, tetapi ini menjadi hal yang membuat rumah berantakan. 

Segera bereskan tumpukan pakaian bersih yang habis dicuci ke dalam keranjang atau lemari. Jangan biarkan tergeletak di ruangan karena dapat merusak pemandangan dan membuat rumah berantakan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber HGTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com