Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 17/08/2022, 19:21 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk merupakan material penting yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan unsur hara semua tanaman, termasuk jagung.

Terdapat banyak pilihan pupuk yang bisa digunakan untuk pemupukan tanaman jagung. Namun, jika Anda ingin mendapatkan buah jagung yang besar, ada beberapa pilihan pupuk yang perlu diaplikasikan.

Dikutip dari kanal YouTube Channel Pertanian, yang diperbarui pada Rabu (17/8/2022), berikut ini pupuk untuk jagung agar buahnya besar.

Baca juga: Cara Membuat dan Mengaplikasikan Pupuk Cair dari Cangkang Telur

Campuran pupuk NPK Phonska 15-15-15 dan pupuk urea

Pupuk untuk jagung agar buahnya besar bisa menggunakan pupuk NPK Phonska 15-15-15. Sesuai komposisi yang tertulis pada kemasan, pupuk NPK Phonska 15-15-15 mengandung unsur nitrogen 15 persen, fosfat 15 persen, dan kalium 15 persen.

Kementan akan berikan subsidi pupuk bagi petani di Probolinggo, ilustrasi pupuk NPK Phonska.Dok. Humas Kementerian Pertanian RI Kementan akan berikan subsidi pupuk bagi petani di Probolinggo, ilustrasi pupuk NPK Phonska.

Agar buah jagung besar, pupuk NPK Phonska 15-15-15 perlu dicampurkan dengan pupuk urea dengan perbandingan 1:1. Kemudian, aduk kedua pupuk sampai tercampur merata.

Setelah pupuk NPK Phonska dan pupuk urea tercampur merata, taburkan ke media tanam atau tanah di tanaman jagung. Takaran campuran pupuk NPK Phonska dan pupuk urea bisa dengan satu genggaman tangan.

Satu genggaman tangan campuran pupuk NPK Phonska dan pupuk urea bisa ditaburkan untuk dua sampai tiga batang tanaman jagung.

Baca juga: Ragam Manfaat Pupuk KCL untuk Tanaman

Lakukan pemupukan jagung dengan campuran campuran pupuk NPK Phonska dan pupuk urea sebanyak dua kali.

Pemupukan pertama dilakukan pada saat 14 hari setelah tanam (HST), setelah itu lakukan pemupukan kedua dilakukan sebelum 40 HST.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com