Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Daun Aglonema Mengecil dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 28/07/2021, 12:35 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun aglonema yang mengecil atau tumbuh kerdil adalah salah satu permasalahan yang bisa menimpa tanaman aglonema jenis apa pun.

Ketika daun aglonema mengecil, hal ini tentu merusak keindahan hingga nilai jualnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan daun aglonema mengecil. 

Dikutip dari kanal YouTube Shanz Berkebun, Rabu (28/7/2021), berikut ini adalah penyebab daun aglonema mengecil dan cara mengatasinya. 

Baca juga: 3 Kesalahan yang Membuat Daun Aglonema Kusam

Kekurangan zat hara

Salah satu penyebab daun aglonema mengecil karena kekurangan zat hara seperti kalium, fosfor, dan zat lain yang sangat dibutuhkan aglonema untuk tumbuh serta berkembang lebih bagus.

Jadi, ketika kekurangan zat hara, hal itu akan membuat aglonema mengalami masalah, salah satunya daun mengecil.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memberikan air cucian beras atau pupuk kompos untuk melengkapi zat hara yang diperlukan. 

Baca juga: Bahan Alami yang Ampuh Mengilapkan Daun Aglonema

Muncul bunga

Aglonema yang sudah dewasa umumnya akan tumbuh bunga di bagian pucuknya.Namun, ketika tumbuh bunga, semua nutrisi akan terarah pada bunga sehingga daun aglonema tidak kebagian nutrisi dan membuatnya mengecil.

Jadi, untuk mengatasi hal ini, kamu perlu memetik bunga yang tumbuh di pucuk aglonema agar pasokan nutrisi ke daun aglonema kembali normal. 

Baca juga: Begini Cara Membuat Daun Aglonema Mengilap Pakai Susu

Akar aglonema sedikit

Daun aglonema yang mengecil bisa juga karena adanya masalah perakaran. Bisa saja akar aglonema menjadi sedikit karena aglonema belum dewasa.

Akar berperan penting menyerap nutrisi yang dibutuhkan daun aglonema agar tumbuh lebih bagus dan besar. Untuk mengatasinya, kamu perlu menunjang perakaran aglonema dengan menggunakan rapid root

Baca juga: Cara Membuat Tampilan Daun Aglonema Jadi Mengilap dan Segar

Akar aglonema mengalami rusak atau terkena jamur

Akar aglonema yang rusak atau terkena jamur juga menjadi penyebab daun aglonema mengecil. Hal ini karena proses pembersian nutrisi pada daun aglonema menjadi terhambat. 

Untuk mengatasinya, kamu perlu membongkar aglonema dari pot dan media tanam, lalu potong atau buang akar aglonema yang rusak dan busuk. Setelah selesai, isi pot dengan media tanam yang baru dan letakkan kembali aglonema.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com