Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Area dan Benda di Rumah Saat Anggota Keluarga Sakit

Kompas.com - 22/07/2021, 17:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi akibat virus Covid-19 membuat semua orang lebih ekstra dalam melakukan pembersihan di rumah, terlebih jika ada anggota penghuni rumah yang terinfeksi virus corona atau mengalami sakit lainnya.

Akibatnya, harus melakukan pembersihan ekstra dan lebih rutin di rumah selama anggota keluarga sakit dan setelah sembuh. 

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian yang Tepat Saat Ada Anggota Keluarga yang Sakit

Seperti dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (22/7/2021), pembersihan yang tepat sangat penting untuk mencegah penyebaran virus ke anggota keluarga lainnya.

Berikut ini beberapa area dan permukaan benda yang harus didisinfeksi setelah ada anggota penghuni rumah yang sakit atau terinfeksi virus Covid-19.  

Baca juga: 10 Tanaman Dalam Ruangan yang Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala 

Kamar tidur, kamar mandi, dan dapur 

Menurut Mary Gagliardi, yang juga dikenal sebagai Dr. Laundry, ahli kebersihan di The Clorox Compan, pembersihan rumah secara menyeluruh mungkin tidak diperlukan.

"Kebanyakan orang yang terkena flu cenderung berbaring, jadi Anda bisa melewatkan membersihkan rumah Anda dari atas ke bawah," katanya.

Baca juga: Benda-benda di Rumah yang Harus Dibersihkan Setelah Ada yang Sakit

Untuk itu, sebaiknya berfokuslah pada kamar mandi, dapur, dan semua permukaan kamar tidur yang ditempati anggota yang sakit.

Bersihkan setiap ruang yang dilewati anggota keluarga yang sakit. Jika mereka pergi ke dapur untuk mengambil makan, misalnya, segera mendisinfeksi meja, gagang kulkas, keran, perangkat keras kabinet, dan area lain yang mungkin disentuh.  

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Setelah Mencuci Pakaian Orang Sakit

Remote TV dan gagang pintu

Permukaan keras yang sering disentuh seperti remote TV dan gagang pintu dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Ketika ada anggota keluarga yang sakit, kebersihan kedua area ini harus ditingkatkan lagi. 

Sebab, menurut Joe Rubino, ahli mikrobiologi dan Direktur Penelitian dan Pengembangan di Lysol, virus flu dapat hidup di permukaan tersebut hingga 48 jam.

"Mendisinfeksi permukaan dan barang-barang di sekitar rumah yang sering disentuh dan tidak berpori seperti meja, remote control, sakelar lampu, dan gagang pintu harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari selama musim dingin dan flu untuk membantu mencegah penyebaran penyakit," katanya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Rumah Saat Isolasi Mandiri Covid-19

Disinfektan tempat tidur

Orang sakit cenderung menghabiskan banyak waktu di tempat tidur, jadi penting untuk mendisinfeksi seprai, sarung bantal, dan tempat tidur lainnya setelah sakit.

Ponsel dan tablet juga bisa menjadi sarang bakteri, jadi jangan lupa membersihkan perangkat elektronik yang dipegang orang tersebut.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sering mencuci tangan dengan sabun dan air hangat atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol adalah cara lain yang efektif menghentikan penyebaran kuman. 

Baca juga: 4 Manfaat Membereskan Tempat Tidur pada Pagi Hari 

Kapan harus mulai membersihkan setelah sakit? 

Untuk permukaan keras yang sering disentuh anggota keluarga yang sakit, segera lakukan pembersihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com