Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rekomendasi Hewan Kecil yang Bisa Dijadikan Peliharaan

Kompas.com - 18/07/2021, 18:15 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Hewan peliharaan berukuran kecil sangat cocok untukmu yang belum siap berkomitmen memelihara hewan peliharaan besar seperti anjing dan kucing.

Selain itu, memelihara hewan kecil juga lebih mudah dan menghemat biaya perawatan. Namun, saat memilih hewan peliharaan, tentu kamu harus berkomitmen merawatnya dan mengetahui risiko-risiko yang mungkin terjadi pada hewan.

Baca juga: Cara Alami Menghilangkan Bau Urine Hewan Peliharaan di Rumput

Melansir dari Better Home and Garden, Minggu (18/7/2021), berikut adalah tiga hewan kecil yang bisa dipelihara atau dijadikan hewan peliharaan dan cara merawatnya.

Kelinci

Kelinci adalah hewan peliharaan cerdas yang suka mencari perhatian dan kasih sayang dari pemiliknya. Ada beberapa pertimbangan sebelum memelihara kelinci, di antaranya kandang yang nyaman. 

Kelinci sangat menyukai kandang yang luas agar mereka bisa melompat-lompat. Dengan memberinya kandang, hal ini juga menghindari kelinci menggigit atau mencakar perabot rumah.

Baca juga: Benarkah Hewan Peliharaan Dapat Tertular dan Menyebarkan Covid-19?

Karena kelinci suka mengunyah, kamu bisa memberinya snack kunyah yang bisa didapat di toko hewan. Selain wortel dan semanggi, kamu harus memberi kelinci makanan pelengkap lainnya yang baik untuk pencernaan. 

Kamu juga bisa memberi kelinci makan pelet untuk mendapat gizi yang cukup. Sementara itu, untuk bulu yang lebat dan sehat, kamu perlu melakukan grooming.

Kamu ni bisa melakukannya di dokter hewan atau jasa khusus grooming hewan. Sebaiknya, rutin menyisir bulu dan memotong kukunya agar tetap bersih dan sehat.

Baca juga: 5 Tips Membuat Rumah Lebih Ramah Hewan Peliharaan

Hamster

Ilustrasi hamster. PIXABAY/MORDILLA-NET Ilustrasi hamster.

Jika sering melihat kartun dengan karakter hamster yang sedang berputar di roda atau di dalam bola, ternyata hamster memang seperti itu di kehidupan nyata.

Hewan ini dikenal dengan hewan yang sangat aktif dan penuh energi. Namun, hamster hanya dapat bertahan dua sampai tiga tahun. Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan hal ini sebelum memeliharanya.

Baca juga: Tips Mencegah Kegemukan Pada Hewan Peliharaan

Namun, bagi kamu yang memiliki anak kecil, tidak disarankan memelihara hamster karena hewan ini sangat suka menggigit. 

Pastikan rutin membersihkan kandang hamster karena hewan ini suka sekali buang air kecil. Pembersihan harus dilakukan secara rutin agar kandang bersih dan hamster terhindar dari kutu.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Rumah Tetap Aman untuk Hewan Peliharaan

Guinea pig

Guinea pig yang dikenal dengan sebutan tikus belanda ini sangat menyukai pemiliknya. Ia akan melompat dan menyambutmu saat mendekati kandangnya.

Namun, dalam memelihara guinea pig, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama karena hewan ini sering gelisah dan mudah terjatuh.

Baca juga: Cara Hilangkan Bau Pesing di Karpet yang Dikencingi Hewan Peliharaan

Karena hewan ini tidak bisa muntah, kamu perlu memperhatikan makanannya dan keadaan guinea pig. Kamu bisa membawa guinea pig ke dokter hewan jika ia lemas dan memiliki gejala sakit perut.

Kamu juga perlu memberinya asupan vitamin C yang cukup karena hewan ini tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri.

Baca juga: Tips Hidup dengan Hewan Peliharaan di Rumah yang Sempit

Sama dengan kelinci, guinea pig juga perlu melakukan grooming secara rutin. Berikan snack kunyah yang bisa mereka kerat agar kesehatan gigi tetap terjaga. Selain itu, lakukan pemotongan kuku dan menyisir bulunya secara rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com