Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Benda yang Dapat Merusak Energi di Kamar Tidur

Kompas.com - 14/07/2021, 22:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Suasana nyaman di kamar tidur tidak hanya dipengaruhi dekorasi dan perlengkapan tidur, tetapi juga energi di dalamnya.

Sama dengan dekorasi, Kelsey Patel, master penyembuh, guru meditasi, dan pelatih pemberdayaan spiritual di Reiki, mengatakan penting juga mempertimbangkan energi positif di kamar tidur dan barang-barang di dalamnya. 

Baca juga: Tips Membuat Kamar Tidur Jadi Senyaman Hotel

Ia menjelaskan, segala sesuatu memiliki "energi kehidupan" yang mengalir serta barang-barang yang mengelilingi diri kita dapat memiliki dampak sangat nyata pada kesejahteraan emosional dan spiritual kita.

Tak heran, mengapa sulit bersantai di kamar tidur yang penuh dengan aksesori dan karya seni. Karena itu, penting menyingkirkan beberapa benda berenergi negatif dari kamar tidur. Apa saja?

Melansir dari laman My Domaine, Rabu (14/7/2021), berikut ini empat benda yang dapat merusak energi di kamar tidur

Baca juga: Cara Mendekorasi dan Menyempurnakan Tema Kamar Tidur

Seprai cerah

Seprai adalah salah satu cara mudah mengubah kamar tidur yang kacau menjadi ruang yang tenang dengan energi positif.

Menurut Patel, perlu menghindari seprai berwarna cerah dan motif yang ramai. "Jika memiliki warna-warna berani atau pola liar di kamar tidur, perhatikan bagaimana Anda merasa beristirahat pada malam hari dan pada pagi hari ketika bangun," katanya. 

Baca juga: 8 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Kesuksesan Karier dan Keuangan 

Memasang banyak foto

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang di kamar tidur adalah memasang foto dan karya seni.

“Menurut feng shui, kamar tidur harus menciptakan perasaan keintiman, ketenangan, dan kenyamanan. Dengan cara ini, penting menciptakan keintiman di dalam ruangan,” ucap Patel.

Itulah sebabnya Patel hanya memiliki foto dirinya dan suami di dalam kamar meski ia memiliki dua anak. "Itu benar-benar membuat kami berdua merasa itu adalah ruang suci kami.” 

Baca juga: 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur agar Cantik dan Nyaman

Aroma bersaing

Beberapa orang ada yang memasukan bunga atau tanaman ke kamar tidur. Namun, Patel mengatakan bahwa bunga segar tidak boleh dipajang di kamar tidur.

“Namun, saya belajar di feng shui bahwa itu sebenarnya tidak disarankan karena dapat menghilangkan oksigen yang Anda butuhkan, terutama selama tidur," ucapnya.

Sebagai gantinya, ia merekomendasikan menyalakan satu lilin atau membakar minyak esensial untuk menciptakan lingkungan yang tenang.

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Membuat Seseorang Merasa Cemas di Kamar Tidur 

"Saya percaya aroma adalah pengalaman yang sangat personal. Saya suka lavender, peppermint, cendana, dan ylang-ylang. Namun, hindari aroma jeruk bila ingin bersantai setelah seharian beraktivitas."

Pencahayaan yang terang

Benda yang dapat merusak energi di kamar tidur selanjutnya adalah pencahayaan yang terang. Pencahayaan memiliki efek mendalam pada suasana hati.

"Pada malam hari, selalu gunakan pencahayaan lembut agar mata bisa mulai rileks dan bersiap untuk istirahat," kata Patel.

Baca juga: 8 Benda yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur Menurut Ahli

Ia mengatakan setiap kamar tidur harus memiliki lampu meja atau tempat lilin dengan pencahayaan lembut."Liontin dan lampu lantai juga bagus, tetapi cobalah menemukan sesuatu dengan peredup sehingga Anda dapat memperhatikan waktu."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber My Domaine
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com