Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2021, 09:15 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kayu manis juga sering dijadikan sebagai bahan pengobatan herbal untuk beragam penyakit dan perawatan kulit.

Tak hanya itu, kayu manis juga memiliki manfaat luar biasa bagi tanaman. Rempah-rempah dengan aroma kuat ini mampu melindungi hingga mengatasi penyakit pada tanaman.

Dikutip dari kanal YouTube Kebun Cilik, Minggu (11/7/2021), berikut ini enam manfaat kayu manis untuk tanaman

Baca juga: Manfaat Kayu Manis, Cegah Hama hingga Merangsang Pertumbuhan Tanaman

Dapat menangkal semut

Semut merupakan salah satu hama yaang mengganggu tanaman karena dapat memakan daun sehingga membuat tanaman terlihat jelek. Semut juga buruk untuk kesehatan tanaman secara keseluruhan.

Nah, kayu manis memiliki aroma kuat alami yang dapat menghindari semut mendekat ke tanaman. Kamu tinggal menaburkan bubuk kayu manis atau meletakkan kayu manis di dekat tanaman milikmu. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Kayu Manis dalam Kegiatan Berkebun Tanaman

Menghilangkan fungus

Fungus atau jamur biasanya sering muncul pada daun tanaman. Keberadaan fungus turut menjadi faktor yang mengganggu pertumbuhan tanaman.

Untuk mengatasinya, dapat menggunakan kayu manis. Kayu manis dapat mematikan jamur sehingga tanaman tetap tumbuh dengan indah.

Caranya, kamu tinggal menaburkan bubuk kayu manis ke area tanaman yang terkena jamur. 

Baca juga: Kayu Manis Bagus untuk Kesehatan Tanaman, Ini Cara Menggunakannya

Melindungi bibit tanaman

Bibit tanaman masih sangat rentan dan sensitif sehingga perlu dilindungi dari hal-hal buruk seperti kondisi cuaca buruk, jamur, dan penyakit tanaman lainnya.

Karena mengandung sifat antijamur dan antibakteri, kayu manis dapat memastikan bibit tanaman terhindar dari jamur serta penyakit.

Untuk melindungi bibit tanaman, taburkan bubuk kayu manis ke area pembibitan tanaman yang kamu lakukan. 

Baca juga: Simak, 6 Manfaat Kayu Manis untuk Tanaman Hias di Rumah

Membantu ketahanan pencangkokan

Manfaat kayu manis untuk tanaman selanjutnya adalah dapat membantu ketahanan pencangkokan.

Kamu bisa mencelupkan tanaman yang ingin dicangkok ke bubuk kayu manis sebelum menanamnya ke media tanam. Hal ini dapat membuat tanaman yang hendak dicangkok dapat tumbuh lebih kuat. 

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Tanaman Daun Mint yang Kering dan Layu

Menjauhkan nyamuk dari tanaman

Sebenarnya, nyamuk yang mendatangi tanaman tidak akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Namun, nyamuk yang berada pada tanaman bisa menghasilkan jentik-jentik nyamuk sehingga menjadi sarang nyamuk.

Hal ini dapat menyebabkan penyakit demam berdarah atau malaria pada seseorang. Untuk mengusir nyamuk dari tanaman, kamu perlu mencampurkan satu sendok makan bubuk kayu manis ke dalam botol semprot berisi air bersih sekitar 500 mililiter.

Aduk kedua bahan sampai merata, lalu semprotakan larutan tersebut pada tanaman agar nyamuk tidak mendekat dan bersarang. 

Baca juga: Catat, Ini Penyebab Daun Tanaman Hias Indoor Menguning

Menyembuhkan tanaman yang sakit

Terakhir, manfaat kayu manis untuk tanaman adalah mampu menyembuhkan tanaman yang sakit. Caranya, cukup semprotkan sedikit larutan bubuk kayu manis ke tanaman yang sedang sakit.

Lakukan penyemprotan selama empat hingga lima hari dan hasilnya akan terlihat. Tanaman akan kembali sehat serta segar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com