Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Renovasi Dapur

Kompas.com - 06/07/2021, 09:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi dapur adalah sebuah investasi besar, tetapi tidak akan merugikan Anda. Karena fungsi utama dapur adalah untuk memasak dan menyiapkan makanan, maka fungsionalitas menjadi aspek penting.

Akan tetapi, selain fungsionalitas, Anda juga tidak boleh melupakan nilai-nilai estetis. Oleh karena itu, penting untuk selalu memulai proses desain dengan melihat cara Anda menggunakan dapur saat menyiapkan dan memasak makanan.

Dikutip dari Ideal Home, Selasa (6/7/2021), berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat renovasi dapur.

Baca juga: 5 Manfaat Menata Ulang Dapur

1. Melupakan area kerja

Merencanakan setiap inci ruang yang bisa digunakan adalah suatu keharusan. Kesalahan yang sangat umum dalam desain dapur adalah tidak mengukur luasan area kerja secara cermat.

"Ingatlah untuk memiliki ruang yang cukup untuk menyiapkan makanan, memajang semua peralatan masak, mencuci, dan kemungkinan ruang untuk makan dan bersosialisasi," kata Hayley Simmons, head of merchandising di Magnet.

2. Meremehkan penyimpanan yang dibutuhkan

Rencanakan dengan tepat dan alokasikan ruang untuk penyimpanan setiap barang, mulai dari stoples bumbu hingga laci pemisah peralatan makan. Dengan tetap berpegang pada rencana yang jelas, Anda juga menghindari godaan untuk memenuhi dapur baru.

“Kunci untuk memaksimalkan penyimpanan dapur Anda adalah memikirkan cara cerdas untuk mengintegrasikan solusi penyimpanan ke dalam kebutuhan dapur yang ada,” jelas Iain McColgan dari B&Q.

Baca juga: Pisau Dapur Tumpul? Ini Cara Menajamkannya

"Misalnya, panel magnetik membantu memanfaatkan ruang dinding yang tidak terpakai antara dinding dan lemari dasar," imbuhnya.

Adapun untuk barang-barang yang lebih besar, tutur McGolgan, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memiliki penyimpanan sudut.

"Terakhir, jangan lupa untuk memanfaatkan ruang lantai dengan mempertimbangkan troli yang menciptakan ruang ekstra saat Anda menyiapkan makanan, atau bahkan bisa digunakan sebagai troli minuman saat menjamu tamu," paparnya.

Halaman:
Sumber ideal home
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com