Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah dengan Banyak Anggota Keluarga? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 24/06/2021, 19:05 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyaknya jumlah anggota keluarga atau penghuni rumah pada sebuah hunian bisa menjadi permasalahan. 

Sama dengan ruangan sempit, banyaknya jumlah anggota keluarga juga bisa membuat ruangan menjadi terbatas dan rumit mendekorasinya. 

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan dalam Mendekorasi Rumah Kecil Ini

Salah satu yang menjadi tantangan adalah mencari keseimbangan antara fungsionalitas dan estetika. Ditambah, banyaknya anggota keluarga di rumah bisa menjadi penyebab kekacauan di rumah. 

Karena itu, ada banyak hal yang perlu diperhatikan pada rumah yang diisi banyak anggota keluarga.

Dilansir dari Decor Tips, Kamis (24/6/2021), berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan rumah dengan banyak anggota keluarga.  

Baca juga: Produk Pembersih Rumah Tangga Sudah Kedaluwarsa, Bisakah Digunakan?

Ruang makan dengan meja makan yang lebar

Saat memiliki banyak anggota keluarga, waktu dan kegiatan makan di ruang makan bisa menjadi rumit. Bagaimana kamu bisa menyesuaikan semua orang di satu meja yang sama?

Coba untuk lebih memilih kursi panjang sehingga dapat memuat lebih banyak orang. Kursi lipat adalah pilihan lain, terutama jika memiliki ruang yang sangat kecil. 

Baca juga: Enggak Punya ART? Ini 5 Cara Working Parents Atur Urusan Rumah

Pilihan meja makan juga tidak boleh terlewati. Pilih meja yang bisa dipanjangkan atau yang setiap ujungnya bisa dilipat.

Kamu dapat membuka dan menutup meja makan sesuai kebutuhan sehingga bisa menampung banyak orang sekaligus tidak memakan ruang ketika tidak digunakan. 

Baca juga: 5 Tips Menyimpan Barang di Rumah Minimalis Tanpa Membuat Sempit

Ruang keluarga yang nyaman

Ruang keluarga menjadi tempat yang cocok untuk hampir semua aktivitas anggota keluarga. Di ruang ini, anak-anak dapat mengerjakan pekerjaan rumah dan bermain serta menjadi tempat berkumpulnya keluarga menghabiskan waktu bersama.

Untuk terasa nyaman, letakkan beberapa sofa di sudut ruangan yang dikombinasikan dengan beberapa pouf atau bantal besar yang berguna.  

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menerapkan Warna Cat Gelap di Rumah

Dua benda di kamar mandi

Kamar mandi adalah salah satu bagian rumah yang perlu mengoptimalkan banyak ruang. Sebagai permulaan, bila memungkinkan, pikirkan semua benda yang ada di kamar mandi menjadi dua seperti dua cermin, dua wastafel, dan dua meja panjang.

Dengan cara ini, beberapa anggota keluarga dapat menyikat gigi secara bersamaan. Jika kamar mandinya tidak terlalu besar, kamu harus mengakali dan membuat penyimpanan peralatan mandi yang cukup untuk semua penghuni rumah. 

Baca juga: Kombinasi Warna Cat Netral Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah

Kamar tidur anak-anak

Inti permasalahannya adalah membuat semua penghuni rumah cocok dan nyaman di kamar tidurnya. Kamu memiliki beberapa solusi dan ruang ekstra untuk mengatur mainan, pakaian, dan buku.

Jika plafon kamar tidur tinggi, manfaatkan ketinggian dengan ranjang susun. Kamu perlu memikirkan dengan baik setiap perabot yang dibeli dan setiap aksesori yang ditempatkan. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Rumah Bebas Debu

Semuanya harus memiliki kegunaan ganda, kuat, serta dapat beradaptasi dengan usia dan ketinggian setiap anggota keluarga. 

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, itu akan sedikit lebih mudah untuk mendapatkan ruang yang ideal agar semua penghuni merasa nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Decortips
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com