Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2021, 21:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagian atas kompor sering kali mengalami kotor. Hal ini tak lain disebabkan makanan, minyak, dan air yang terjatuh ketika memasak.

Selain tidak sedap dipandang mata, kondisi kompor gas yang kotor juga bisa membahayakan keselamatan. 

Baca juga: Jenis-jenis Kompor Mulai dari Listrik Sampai Gas

The Maids, layanan pembersihan rumah nasional, memperingatkan bahwa kompor gas yang kotor bisa menjadi penyebab kebakaran rumah.

Untuk menghindari hal tersebut, The Maids menawarkan dua cara membersihkan bagian atas kompor menggunakan bahan-bahan alami dan menjaganya tetap bersih

“Apa pun metode pembersihan alami yang dipilih, perawatan harian adalah cara pasti untuk tidak menghabiskan lebih banyak waktu untuk membersihkan kompor gas Anda,” catatan The Maids dalam situs resminya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak yang Menempel di Tungku Kompor Gas

Nah, dikutip dari dari laman Family Handyman, Rabu (23/6/2021), berikut dua cara membersihkan bagian atas kompor menggunakan bahan-bahan dari The Maids. 

Bahan-bahan

Baca juga: Kompor Gas Susah Menyala? Ini 5 Cara Mengatasinya

Metode pembersihan dengan cuka

Untuk membersihkan bagian atas kompor dengan cuka, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menyemprotkan cuka dan biarkan selama 10-15 menit. Kemudian, bersihkan jeruji dan bagian atas kompor menggunakan kain bersih.

Metode ini dapat Anda lakukan secara rutin untuk menghilangkan lemak dan kotoran pada bagian atas kompor. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kompor, Pakai 3 Bumbu Dapur Ini

Metode pembersihan dengan baking soda

Jika bagian atas kompor terdapat sisa makanan yang berlapis dan banyak noda minyak, mulailah membersihkannya dengan mencuci semua jeruji kompor menggunakan air hangat dan sedikit sabun cuci piring. Metode ini ampuh menghilangkan noda minyak.

Selanjutnya, buat pasta kental dari baking soda dan air serta lapisi semua bagian atas kompor dengan campuran pasta tersebut. 

Baca juga: Ini 5 Tanda Kompor Harus Diganti

Biarkan selama 20 menit sebelum menggosok residu dengan sikat. Terakhir, bilas jeruji sampai bersih, keringkan, dan letakkan kembali di atas kompor.

The Maids melarang untuk membersihkan bagian atas kompor menggunakah bahan pembersih kimia karena dapat merusak dan membahayakan. 

Nah, itu dia cara membersihkan bagian atas kompor menggunakan bahan-bahan alami. Selamat mencoba! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com