Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini Cara Menghilangkan Bau Mulut pada Kucing

Kompas.com - 23/06/2021, 20:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Purina

JAKARTA, KOMPAS.com - Napas kucing umumnya berbau tidak sedap dan sangat mengganggu. Plak, karang gigi, dan sisa makanan yang tersangkut di antara sela-sela gigi kerap menjadi penyebab bau mulut pada kucing.

Karena itu, bau mulut pada kucing bukan sesuatu yang aneh. Namun, bila napas kucing terus-menerus membuat hidung Anda mengernyit, hal itu bisa jadi pertanda ada sesuatu yang tidak beres pada kucing. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut pada Kucing

Sama dengan manusia, bau mulut pada kucing yang terus-menerus terjadi dapat menandakan penyakit tertentu, bahkan masalah kesehatan yang serius, di antaranya penyakit diabetes millitus, liver, ginjal, hingga kanker mulut.

Maka itu, Anda patut mencurigai hal ini serta segera membawa kucing ke dokter hewa guna memastikan dan mendapat perawatan.

Namun, jika bau mulut hanya sesekali atau bukan karena penyakit, Anda bisa mencoba beberapa langkah pengobatan untuk mengurangi bau mulut pada sahabat bulu. 

Baca juga: Penyebab Kucing Sering Bersin

Melansir dari laman Purina, Rabu (23/6/2021), berikut ini cara menghilangkan bau mulut pada kucing

Membersihkan gigi kucing di rumah

Menyikat gigi kucing secara teratur tidak hanya membantu mengurangi plak dan karang gigi, tetapi juga dapat mengurangi bau mulut pada kucing.

Saat membersihkan gigi kucing, Anda harus melakukannya di tempat yang nyaman dan menggunakan sikat gigi khusus kucing. Sikat gigi ini dirancang khusus untuk gigi kucing yang kecil dan tajam. 

Baca juga: Kenali Ini Fase Pemberian Makan pada Anak Kucing yang Baru Lahir

Namun, perlu diingat jangan pernah memberikan pasta gigi manusia untuk kucing. Gunakan pasta gigi khusus hewan peliharaan yang dirancang untuk kucing.

Membersihkan gigi kucing di dokter hewan

Apabila merasa kucing peliharaan membutuhkan pembersihan yang lebih efektif dan teliti, sebaiknya membawanya ke dokter hewan guna membersihkan gigi kucing dengan alat khusus. 

Baca juga: 5 Fakta Kucing Pallas, Hewan Berbulu dengan Ekspresi Menggemaskan

Peralatan yang dimiliki dokter hewan jauh lebih efektif daripada yang dimiliki di rumah. Meminta dokter hewan membersihkan gigi kucing secara profesional sesering mungkin akan membantu menghilangkan plak dan karang gigi pada mulut kucing.

Melakukan hal ini juga akan membantu mengurangi bau mulut pada kucing sekaligus memeriksakan kesehatan gigi kucing seperti mencabut gigi yang busuk atau menyebabkan rasa sakit. 

Baca juga: 7 Fakta Kucing Burma yang Lincah dan Menggemaskan

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Cara menghilangkan bau mulut pada kucing selanjutnya adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi kucing. Makanan menjadi salah satu penyebab umum bau mulut pada kucing.

Seperti diketahui kucing kerap mengonsumsi makanan apa saja dan beberapa makanan dapat menyebabkan bau mulut. 

Baca juga: Ini Alasan Kucing Menatap Pemilik dan Hewan Lainnya

Untuk itu, penting memperhatikan nutrisi atau jenis makanan yang diberikan pada hewan berbulu ini. Sebaiknya, memberi kucing makanan khusus kucing demi mencegah bau mulut.

Sebab, makanan khusus kucing dapat memberi perbedaan nyata pada bau mulut kucing sekaligus kebersihan gigi kucing secara keseluruhan. Selain itu, membantu mengurangi plak dan karang gigi, yang juga menjadi penyebab bau mulut pada kucing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Purina
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com