Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 10:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya memberikan nuansa teduh dan menyegarkan ruangan, menanam tanaman di dalam ruangan, dapat memberi manfaat lainnya, salah satunya memanen dan menggunakan tanaman untuk kebutuhan.

Tanaman herbal dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat dirawat di dalam ruangan. Dilansir dari Architecturaldigest, Minggu (20/6/2021), hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin merawat tanaman herbal di dalam ruangan adalah memilih varietasnya. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Herbal di Dalam Ruangan agar Tumbuh Subur

Pilih varietas sesuai dengan kebutuhan dan selera, bukan keindahannya. Rosemary, basil, peterseli, dan mint thyme dapat menjadi beberapa pilihannya. Untuk tanaman herbal tumbuh subur, berikut tips merawat tanaman herbal di ruangan. 

Letakkan di dekat jendela

Tanaman herbal memerlukan paparan sinar matahari langsung untuk tumbuh subur. Untuk itu, letakkan tanaman di dekat jendela sehingga mendapat setidaknya empat jam sinar matahari setiap hari. 

Baca juga: 5 Cara Menanam dan Merawat Tanaman Herbal untuk Pemula

Gunakan pot gantung

Jika ambang jendela terlalu sempit dan tanaman membutuhkan banyak cahaya, letakkan tanaman herbal di pot gantung. Pilihan lainnya adalah menggantungnya di bingkai jendela, yang biasanya diletakkan di luar. 

Gunakan terrarium tanaman

Jika takut hewan peliharaan merusak tamanan, letakkan tanaman di terarium transparan sehingga dapat diletakkan di atas meja dan akan terlihat bagus di interior. 

Baca juga: Bisakah Tanaman Herbal dan Tanaman Hias Hidup Tanpa Tanah?

Kombinasikan 

Dalam tanaman herbal, rasa itu penting, tetapi ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat bereksperimen dengan kombinasi varietas.

Hal ini juga akan memainkan peran dekoratif di ruang Anda. Untuk kombinasi, Anda bisa menanam basil di sebelah thyme dan sage ungu di sebelah geranium beraroma. 

Baca juga: Bisakah Tanaman Herbal dan Tanaman Hias Hidup Tanpa Tanah?

Pilih varietas ringkas 

Pilih tanaman herbal yang terlihat rapi dan memakan sedikit ruang seperti basil, oregano, mint Inggris, juga rosemary. 

Berikan ruang 

Tanaman herbal dapat ditanam dalam pot terpisah atau dalam wadah umum, tetapi yang utama adalah harus cukup ruang untuk pertumbuhan dan sirkulasi udara.

Misalnya, lebih baik menanam mint secara terpisah karena tanaman ini dapat tumbuh cukup cepat.  

Baca juga: 8 Tanaman Herbal yang Harum, Cocok di Pekarangan atau di Dalam Rumah

Lindungin furnitur

Tips merawat tanaman herabl di dalam ruangan selanjutnya adalah memperhatikan furnitur yang ada di ruangan.

Sebagian besar pot dilengkapi dengan piring khusus dan pastikan furnitur atau ambang jendela tetap kering. Jika tidak, tanaman dapat berisiko merusaknya dengan air yang mungkin merembes dari pot. 

Baca juga: Harus Tahu, Ini 5 Tanaman Herbal yang Dibenci Kecoak

Periksa kondisi tanaman

Periksa tanah dengan jari sebelum menyiramnya. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui apakah tanah sudah kering atau masih basah dan tanaman belum perlu disiram lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com