Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Meletakkan dan Menata Karpet di Ruangan agar Tampak Sempurna

Kompas.com - 17/06/2021, 18:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet merupakan salah satu elemen dekorasi yang dapat mempermanis ruangan, memberi kenyamanan dan kehangatan, serta membuat rumah tampak mewah.

Namun, meletakkan karpet di setiap ruangan di rumah tak boleh sembarangan. Ada beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan saat menata karpet di ruangan agar memperoleh tampilan yang cantik serta sempurna. 

Baca juga: Cara Memilih dan Menempatkan Karpet di Rumah Berdasarkan Feng Shui

Mulai dari, ukuran karpet, warna, jenis bahan, hingga posisi. Nah, berikut aturan meletakkan dan menata karpet di ruangan agar tampak sempurna dilansir dari laman Homes to Love, Kamis (17/6/2021).

Kumpulkan visual

Tidak yakin harus mulai dari mana? Cobalah mengumpulkan gambar kamar yang sesuai dengan tampilan yang diinginkan dan lihat jenis karpet apa yang ada di dalamnya. 

Setelah itu, cari karpet serupa di toko karpet atau secara online. Hal ini bertujuan memilih karpet yang tepat dan sesuai keinginan serta menghindari kesalahan. 

Baca juga: Cara Hilangkan Bau Pesing di Karpet yang Dikencingi Hewan Peliharaan

Atur ulang ruang makan

Mengatur furnitur di ruang makan harus diperhatikan. Meja makan dan kursi harus berada sepenuhnya di atas karpet. Dengan demikian dengan beberapa ruang di sekeliling untuk kursi didorong keluar.

Pilih warna sedang

Tentu Anda menyukai tampilan karpet berwarna cerah atau gelap, tetapi ingat warna terang dan gelap akan menunjukkan kotoran dan karpet yang menyusut. 

Baca juga: Tips Membeli Karpet Secara Online Menurut Ahli

Untuk itu, cobalah memilih karpet dengan warna sedang yang sesuai dengan ruangan tempat karpet diletakkan.

Pertimbangkan daya tahan

Duta Karpet Court, Darren Palmer, mengatakan penting memikirkan daya tahan karpet saat memilih dan menata karpet di ruangan.

"Material mewah dan karpet lebar rentan terhadap kerusakan, jadi pilihlah gulungan yang lebih pendek dan lebih padat, loop atau tenunan dari wol, dan SDN atau serat alami." 

Baca juga: 5 Cara Menata Karpet Berlapis di Ruangan

Letakkan furnitur hingga setengah karpet

Berbeda dengan pengaturan meja makan, furnitur di ruang tamu harus diposisikan atau menginjak setengah dari bagian karpet. Hal ini demi menyatukan tampilan dan menghindari potongan yang mengambang.

Letakkan di bawah tempat tidur

Jika lantai kamar tidur terbuat dari material kayu, cobalah meletakkan karpet besar di bawah tempat tidur. Aturannya, letakkan sekitar dua pertiga karpet di bawah tempat tidur dan sisanya mengenai lantai di luar tempat tidur. 

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Noda Jamur di Dinding, Kain, dan Karpet

Pilih karpet bermotif

Cara meletakkan dan menata karpet di ruangan juga perlu mempertimbangkan hal lain. Apabila memiliki anak, hewan peliharaan, atau anggota keluarga yang ceroboh, sebaiknya pilih karpet bermotif di atas warna solid.

Karpet bermotif dapat menyamarkan kotoran dan noda bila Anda belum sempat membersihkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com