Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Permukaan Benda dengan Tisu Basah Disinfektan

Kompas.com - 14/06/2021, 09:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Di masa pandemi ini, semakin banyak produk tisu basah disinfektan yang beredar di pasaran. Tisu basah ini digunakan untuk membersihkan berbagai benda dari paparan bakteri dan virus.

Namun, penggunaan tisu basah disinfektan tidak boleh sembarangan. Anda harus mengecek dulu apakah tisu tersebut adalah tisu desinfektan dan bukan hanya tisu basah pembersih serbaguna.

Dengan menggunakan tisu secara tidak benar, Anda hanya membuang waktu dan uang dan masih membiarkan keluarga Anda terpapar mikroba yang berpotensi berbahaya.

Baca juga: Tisu Basah Disinfektan Habis? Bisa Bikin Sendiri di Rumah

Dilansir dari The Spruce, Senin (14/6/2021), berikut cara membersihkan benda dengan tisu basah disinfektan dengan benar.

Cara menggunakan tisu basah disinfektan

Luangkan waktu sebentar untuk membaca label pada tisu desinfektan dan ikuti rekomendasi pada label produk.

Jumlah waktu yang diperlukan disinfektan untuk membunuh virus, bakteri, dan jamur tergantung pada jenis disinfektan yang digunakan selama pembuatan produk.

1. Bersihkan noda dan lemak dari permukaan

Jika meja dapur ditutupi dengan tumpahan makanan atau lapisan cipratan minyak atau meja kamar mandi memiliki gumpalan pasta gigi, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu menggunakan pembersih serbaguna, air hangat, dan kain mikrofiber.

Baca juga: 7 Disinfektan Alami yang Bisa Dibuat Sendiri

Abrasi lembut dari microfiber akan membantu mengangkat partikel yang mengering. Disinfektan pada tisu tidak akan menembus atau menghilangkan benda padat di konter.

2. Periksa tisu basah, apakah sesuai dengan jenis permukaan yang akan dibersihkan

Sekali lagi, baca labelnya. Sementara sebagian besar tisu basah aman digunakan pada permukaan yang keras dan tidak berpori seperti laminasi, granit tertutup, vinil, dan fiberglass, tisu ini tidak aman digunakan pada kayu yang belum selesai atau permukaan yang sangat aus.

Selalu uji di area kecil terlebih dulu untuk memastikan tidak ada goresan atau perubahan warna.

3. Periksa tingkat kelembaban tisu basah

Agar efektif, tisu basah harus mengandung desinfektan. Jika wadah dibiarkan terbuka dan tisu kering saat disentuh, mereka tidak akan menawarkan tingkat desinfektan yang dijanjikan.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com