Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Alami Menyejukkan Kamar Tidur meski Cuaca Panas

Kompas.com - 11/06/2021, 17:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur seharusnya menjadi ruang yang memberikan kenyamanan karena merupakan tempat istirahat dan tidur setelah seharian beraktivitas.

Seperti dilansir dari Idealhome, Jumat (11/6/2021), suhu kamar tidur yang ideal harus sekitar 16-18 derajat Celsius sehingga kamar tidur bisa nyaman dan sejuk. Kamar tidur yang panas membuat banyak orang kesulitan tidur pada malam hari. 

Baca juga: 4 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur yang Dapat Memberi Kenyamanan

Sebenarnya, ada beberapa cara membuat kamar tidur tetap nyaman dan sejuka meski suhu atau cuaca sedang panas. Mulai dari, menciptakan aliran udara hingga mengganti jenis seprai yang dipakai.

Nah, berikut beberapa cara alami menyejukkan kamar tidur meski cuaca panas. 

Gunakan tirai 

Hindari menggunakan tirai atau gorden yang memiliki warna cerah karena warna ini tidak  dapat menahan paparan sinar matahari dari luar ruangan

Baca juga: 7 Benda yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kamar Tidur

Selain itu, ketika memilih tirai, pertimbangkan faktor lain seperti arah jendela menghadap. Misalnya, ruangan yang menghadap ke Selatan akan mendapatkan manfaat dari tirai atau gorden yang memiliki bahan lebih tebal sehingga membantu ruangan tetap dingin.

Secara umum, kerai kayu sangat bagus untuk menjaga suhu di rumah karena memungkinkan Anda menyesuaikan jumlah penyaringan cahaya ke dalam ruangan dengan mengubah ukuran celah di antara bilah.

Kayu juga bertindak sebagai konduktor panas alami sehingga membantu menjaga udara hangat keluar selama bulan-bulan musim panas. 

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merenovasi Kamar Tidur Anak

Jika ingin benar-benar menghalangi sinar matahari, pilihlah tirai antitembus pandang. Kain tebal tidak hanya membantu mengatur suhu rumah, tetapi juga memastikan mendapatkan tidur malam yang lebih baik. 

Letakkan tanaman 

Tanaman di dalam ruangan dapat membantu mendinginkan rumah saat cuaca hangat karena mengonsumsi udara panas untuk proses fotosintesis mereka. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cepat Tumbuh di Kamar Tidur

Ketika atmosfer memanas, tanaman sering kali melepaskan kelebihan air ke udara dari daunnya dan akibatnya mereka mendinginkan diri dan lingkungan sekitarnya.

Beberapa tanaman terbaik yang bisa mendinginkan ruangan, di antaranya tanaman karet, cemara Cina, palem, lidah mertua, dan ficus benyaminas. 

Dinginkan seprai

Untuk membuat kasur lebih dingin dan nyaman, Anda dapat menggunakan seprai dan selimut katun. Trik hebat lainnya adalah meletakkan seprei di lemari es atau freezer.  

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kamar Tidur Anak Tetap Bersih dan Rapi

Jangan lupa menggunakan tas zip-lock agar seprai tetap kering. Keluarkan seprai sebelum digunakan untuk tidur dan akan membuat seprai menjadi lebih dingin. 

Matikan lampu 

Seperti diketahui bola lampu dapat mengeluarkan panas sehingga menjadikan ruangan lebih panas. Dengan mematikan lampu, dapat membantu ruangan terasa lebih dingin. 

Baca juga: Mengapa Tanaman Hidup Dibutuhkan Kamar Tidur? Ini Penjelasannya

Cara terbaik adalah menghindari segala jenis cahaya atau sumber panas tambahan saat suhu sudah terik. Jadi, matikan lampu saat sudah tidak dipakai pada siang hari dan malam hari saat tidur. 

Pilih kasur terbaik 

Ada sejumlah pilihan kasur di pasaran yang dapat membantu mengatur suhu tubuh. Secara umum, kasur dengan kandungan bahan alami yang tinggi seperti wol, katun, atau bambu sering menjadi pilihan tepat karena bahan kasur ini cenderung lebih dingin serta secara alami hipoalergenik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ideal home
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com