Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias Bunga Tahan Panas Matahari yang Cocok Ditanam di Pot

Kompas.com - 11/06/2021, 09:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun cuaca panas, tidak ada alasan untuk tidak mempercantik rumah dengan tanaman hias. Ada banyak jenis tanaman hias yang tahan panas matahari dan cocok ditanam di pot.

Dilansir dari The Spruce, Jumat (11/6/2021), berikut beberapa tanaman hias tahan panas sinar matahari dan cocok ditanam di pot tanaman.

1. Lantana (Lantana camara, Lantana montevidensis)

Kini ada berbagai macam hibrida dan spesies lantana merambat, yang cocok ditanam di pot dan menggantung, sehingga menjadi dekorasi rumah yang menarik. Selain hibrida yang lebih umum ditemukan dengan bunga merah dan kuning, Lantana montevidensis menghasilkan bunga lavender yang subur.

Baca juga: 10 Tanaman Hias Bunga yang Aman untuk Penderita Alergi

Semua lantana sangat menarik bagi kupu-kupu. Bahkan, segerombolan kupu-kupu bisa hinggap pada tanaman lantana Anda.

Sementara lantana biasanya diklaim sebagai tanaman toleran kekeringan untuk kebun, tanaman yang ditanam dalam pot akan layu jika tanah dan media tanam dibiarkan mengering. Coba tanam di ambang jendela yang cerah selama musim hujan.

Lantana rumit sebagai tanaman hias karena mereka menyukai kelembaban, tetapi akan dengan mudah pulih saat ditanam kembali di luar ruangan di awal musim kemarau.

Ilustrasi bunga hibiscus atau kembang sepatu. PIXABAY/MONIKA1607 Ilustrasi bunga hibiscus atau kembang sepatu.

2. Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)

Kembang sepatu adalah tanaman hias yang lazim ditemui di halaman rumah. Setiap varietas memiliki kebiasaan tegak yang bagus, menjadikannya sangat baik sebagai titik fokus di taman pot.

Baca juga: Tips Merangkai Bunga Kering Agar Tampil Cantik

Pastikan untuk memberikan sedikit dukungan pada tanaman dewasa dan melengkung dengan memasukkan pasak taman ke dalam pot dan ikat longgar tali di sekitar batang.

Jika Anda memilih untuk menyimpan tanaman kembang sepatu di dalam ruangan selama musim hujan, ketahuilah bahwa mereka sangat sulit untuk berhasil tumbuh di dalam ruangan, sehingga baik disimpan di kamar mandi yang cerah di mana bisa mendapatkan kelembaban yang cukup.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com