Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membersihkan Panci Gosong, Pakai Garam hingga Beras

Kompas.com - 07/06/2021, 08:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Treehouse

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasak hingga membuat panci gosong tentu menjengkelkan. Terkadang kerak yang membandel sulit dihilangkan, sehingga membuat kegiatan membersihkan panci gosong menjadi melelahkan.

Namun, jangan begitu saja menyingkirkan panci gosong Anda. Ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan panci gosong dengan cepat dan efektif.

Dilansir dari Treehouse, Senin (7/6/2021), berikut beberapa cara membersihkan panci gosong dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Baca juga: Cara Bersihkan Kerak Gosong yang Menumpuk di Bagian Bawah Panci

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan panci gosong

Sebelum menggunakan salah satu metode untuk membersihkan panci gosong, Anda terlebih dahulu perlu memperhatikan masalah pada panci Anda. Bisa jadi kerak pada panci gosong Anda lebih buruk dari yang Anda kira.

Metode sederhana untuk membersihkan panci gosong namun kondisinya masih ringan adalah menuangkan air dan merebusnya. Anda dapat menambahkan beberapa tetes sabun cuci piring.

Kerak gosong kecil akan mulai mengelupas setelah beberapa menit. Anda juga dapat mencoba menyekanya menggunakan kain lembut.

1. Cara membersihkan panci gosong dengan garam

Garam adalah salah satu metode paling populer untuk panci gosong. Ini adalah solusi sempurna jika bagian bawah pot telah terbakar.

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Gosong, Pakai Baking Soda, Garam, dan Cola

Perlu diperhatikan bahwa garam dapur memiliki sifat antibakteri, sehingga sangat baik untuk menangani kotoran dan zat berbahaya lainnya.

Pertama, tuangkan sejumlah besar garam ke bagian bawah panci. Tergantung pada seberapa besar panci, mungkin setengah atau satu cangkir garam dibutuhkan.

Kemudian, tuangkan air dengan jumlah dua kali lebih banyak dari garam yang dituangkan. Dimakan panci selama minimal beberapa jam, sebaiknya semalaman.

Sebagian besar noda dan kerak akan mengelupas sendiri. Jika Anda tidak melihat hasil apa pun, siapkan kembali larutan garam yang sama dan rebus dengan api kecil.

Halaman:
Sumber Treehouse
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com