Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2021, 23:17 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--Aroma tak sedap pada kulkas seringkali membuat kita mengernyitkan hidung saat membukanya. Parahnya lagi, bau itu terkadang menempel di makanan atau botol minuman kita.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Salah satunya dengan memasang pewangi kulkas yang banyak dijual di pasaran.

Ada juga cara alami yang juga bisa kamu coba. Nah, berikut ini beberapa solusi alami untuk menghilangkan bau tak sedap dari lemari es seperti dilansir dari The Foodellers, Selasa (1/6/2021).

1. Soda kue

Serbuk ini selalu berhasil dan juga murah. Caranya, ambil saja gelas, isi dengan soda kue dan letakkan di sudut lemari es.

Serbuk yang biasanya berwarna putih ini akan menyerap bau dan secara perlahan memurnikan seluruh area.

Baca juga: Efektif, Usir Bau Kulkas dengan Baking Soda dan Lembaran Koran Lama

2. Cuka

Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah.SHUTTERSTOCK/ANDRIANA SYVANYCH Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah.

Cuka bekerja persis seperti bikarbonat tetapi karena cuka memiliki bau yang sangat khas, ia harus digunakan dalam persentase yang jauh lebih kecil.

Untuk lemari es berukuran sedang cukup setengah gelas untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

3. Lemon

Potong saja lemon menjadi irisan dan letakkan di mangkuk di lemari es. Daya serap lemon akan menghilangkan bau tidak sedap, tetapi lemon harus diganti setidaknya seminggu sekali.

4. Kentang

Kupas kentang dan masukkan ke dalam lemari es untuk mendapatkan efek menghilangkan semua bau dari lemari es.

Kentang bertindak sebagai penyerap sehingga harus diganti setiap 2-3 hari dan disimpan di lemari es sampai baunya hilang.

Baca juga: Sering Dilupakan, Ini Cara Membersihkan Kulkas Secara Menyeluruh

5. Cengkeh

Ilustrasi cengkeh, rempah yang dulu digunakan sebagai pengharum mulut. SHUTTERSTOCK/SETYO ADHI PAMUNGKAS Ilustrasi cengkeh, rempah yang dulu digunakan sebagai pengharum mulut.

Ambil saja lemon atau jeruk, potong menjadi dua dan masukkan banyak cengkeh. Kemudian jeruk dimasukkan ke dalam lemari es sampai mulai mengering

6. Oatmeal

Persis seperti kentang, oatmeal menyerap bau jika disimpan di lemari es dalam mangkuk aluminium atau keramik.

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas Hanya dalam Waktu 30 Menit

7. Biji kopi

Bau tak sedap akan hilang dalam beberapa hari jika kamu menggunakan biji kopi. Caranya, sebarkan biji kopi di semua bagian tak lemari es.

8. Karbon aktif

Ambil karbon aktif, taruh di mangkuk dan taruh di rak paling atas kulkas. Jika memungkinkan, letakkan karbon aktif di setiap rak untuk efek yang lebih cepat.

9. Ekstrak vanili

Rendam bola kapas dalam ekstrak vanili, tempatkan dalam mangkuk kecil dan biarkan vanili mulai mengeluarkan baunya dan mencegahnya kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com