Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dilupakan, Ini Cara Membersihkan Kulkas Secara Menyeluruh

Kompas.com - 31/05/2021, 13:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kulkas atau lemari es bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi, alangkah baiknya dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan kulkas benar-benar bersih dan bekerja sebagaimana mestinya.

Selain itu, ada banyak manfaat membersihkan kulkas dengan benar. Kulkas yang bersih dan rapi lebih higienis, baunya lebih segar, dan lebih mudah untuk menyimpan apa yang ada di dalamnya, dan saat membuang produk kedaluwarsa.

Namun demikian, dilansir dari Woman and Home, Senin (31/5/2021), dalam rutinitas membersihkan dapur, kerap kali membersihkan kulkas terabaikan.

Baca juga: Stop Menyimpan Telur di Kulkas, Ini Bahayanya

Makanan atau minuman yang tumpah di kulkas atau bau tidak sedap yang tertinggal bisa menjadi masalah yang tidak terpikirkan.

Seberapa sering harus membersihkan kulkas?

Idealnya, Anda harus membersihkan kulkas secara menyeluruh setiap 3-4 bulan sekali, serta membersihkan tumpahan di antaranya. Jika tidak, bakteri berbahaya dapat berkembang biak dan bau tak sedap dapat bertahan.

Saat membersihkan kulkas atau lemari es, penting juga untuk diingat untuk menggosok bagian luar, serta bagian dalamnya.

“Saat berbicara tentang pembersihan menyeluruh, kebanyakan orang mengacu pada bagian dalam lemari es. Yang diabaikan adalah fakta bahwa lemari es adalah mesin yang beroperasi sepanjang hari, setiap hari,” kata Lewis Dartnell dari ADK Kooling.

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas Hanya dalam Waktu 30 Menit

Menurut Dartnell, dengan menjaga kebersihan mesin, Anda tidak hanya akan memperpanjang masa pakai kulkas, tetapi juga membantu menjaganya tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, ini akan menjaga makanan tetap dingin dan meminimalkan pertumbuhan bakteri.

Berikut ini cara membersihkan kulkas secara menyeluruh untuk menghindari bau tidak sedap dan pertumbuhan bakteri.

1. Kosongkan dan rapikan kulkas

Sebelum memulai membersihkan kulkas secara menyeluruh, merapikan dan mengosongkan lemari es Anda sangat penting. Lagupula, tidak mungkin untuk membersihkan kulkas jika ada makanan di dalamnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com