Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2021, 10:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur biasanya merupakan ruangan tersibuk di dalam rumah, sebab di dalam area tersebut memiliki ragam kegiatan mulai dari menyiapkan sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Untuk itu, dapur memerlukan permukaan lantai yang tahan lama, namun mudah dibersihkan.

Dilansir dari House Beautiful, Selasa (25/5/2021), untuk memilih lapisan permukaan lantai dapur, Anda juga harus mempertimbangkan luasannya.

Baca juga: Cara agar Dapur Lebih Bersih dan Rapi

Misalnya untuk dapur dengan ukuran kecil, keramik yang lebih besar berukuran 60 x 60 cm atau 80 x 80 cm yang memiliki lebih sedikit garis nat dapat menjadi pilihan yang cocok, karena membuat ruangan lebih besar.

Lantas, apa saja jenis pelapis permukaan yang terbaik untuk lantai dapur? Berikut pilihannya.

1. Keramik

Keramik porselen sangat mudah dirawat, sehingga menjadi pilihan yang cocok untuk di dapur. Biasanya, keramik ini lebih murah daripada batu atau jenis lainnya, karena keramik lebih memiliki sedikit perawatan.

Keramik juga tersedia dalam berbagai warna, tekstur, dan ukuran sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan tema dapur Anda. Pilih warna gelap untuk menyamarkan kotoran yang menempel di atas permukaannya.

 

Baca juga: 5 Tips Menciptakan Kebahagiaan di Dapur

Keramik lantai memiliki beberapa kelebihan seperti tahan noda, ringan, dan dapat diletakkan dalam bentuk yang kreatif seperti segi enam, dan persegi panjang.

Akan tetapi, ada juga kelemahan dari keramik, yakni sering kali kaki terasa dingin ketika menginjaknya.

2. Vinil

Vinil adalah pilihan yang sangat praktis karena dirancang untuk tahan terhadap segala kesibukan sehari-hari. Pilihan pelapis permukaan lantai ini dapat tahan terhadap segala tumpahan air.

Pelapis permukaan lantai ini memiliki berbagai banyak pilihan gaya dan harga sehingga Anda dapat dengan mudah disesuaikan dengan tema dapur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com