Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanam Sendiri Sayuran di Rumah, Sehat, Hemat dan Menyenangkan

Kompas.com - 23/05/2021, 12:43 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Trinjal

JAKARTA, KOMPAS.com--Berkebun, memiliki banyak manfaat bagi kita. Terlebih jika kita menanam sesuatu yang bisa kita konsumsi seperti, sayur-sayuran.

Sayur-sayuran, terutama sayuran hijau tidak hanya memberi kita oksigen tetapi juga menjadi sumber mineral, vitamin, kalium, serat, dan banyak nutrisi lain yang penting bagi tubuh manusia agar tetap bugar, sehat, dan berfungsi dengan baik.

Setiap tubuh manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, dan sebagian besar makanan untuk manusia berasal dari tumbuhan.

Sangat menyenangkan menanam sayuran di rumah, tetapi ketika kamu berencana menanam sayuran berdaun, dibutuhkan upaya dan perhatian khusus.

Baca juga: 4 Pilihan Pot untuk Tanaman Sayuran

Tumbuhkan sayuran berdaun

Ada banyak ragam pangan yang kaya nutrisi yang berasal dari tumbuhan seperti kembang kol, bit, wortel, kentang, tomat, dll, namun dari semua pangan yang bersumber dari tumbuhan, sayuran berdaun dianggap paling bernilai pangan.

Pasalnya, sayuran hijau mengandung hal nilai gizi yang berharga yang meliputi, serat, kalsium, mineral, antioksidan, vitamin A, C & K.

Selain itu, dengan manfaat kesehatannya, ini juga membantu mencegah berbagai faktor risiko yang terkait dengan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah, obesitas, diabetes, dll.

Memasukkan berbagai jenis sayuran berdaun dalam rutinitas diet harian kita dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, dan terbukti sangat berguna dalam kehidupan modern kita serta dalam jangka panjang.

Sayuran berdaun biasanya tersedia di setiap pasar, tetapi inti dari menanamnya di kenyamanan ruang rumah kita adalah sesuatu yang lain. Di bawah ini adalah berbagai manfaat menanam sayuran berdaun di rumah seperti dilansir dari Trinjal, Minggu (23/5/2021).

Baca juga: 7 Sayuran yang Cocok Ditanam di Pot, Bayam hingga Cabai

1. Lebih sehat

Menghasilkan makanan organik dengan menanam sayuran hijau di rumah bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Karena kita bisa menanam tanpa menggunakan pestisida ataupun

Halaman:
Sumber Trinjal
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com