Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menanam Tanaman Hias Dalam Pot? Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 21/05/2021, 18:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman hias menjadi kegiatan yang sedang populer beberapa tahun terakhir ini. Tak hanya menanam di halaman rumah, beberapa orang meletakkan tanaman hias ini di dalam ruangan untuk dijadikan elemen dekorasi.

Akan tetapi, tidak seperti elemen dekorasi lainnya, tanaman hias harus dirawat. Mulai dari, penyiraman, paparan sinar matahari, hingga pemilihan potnya. 

Baca juga: 4 Tips Merawat Tanaman Hias agar Tumbuh Subur dan Bertahan Lama

Melansir dari Real Simple, Jumat (21/5/2021), ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak meletakkan tanaman hias di dalam ruangan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan. 

Pemilihan pot

Hal dasar saat hendak merawat tanaman hias di dalam ruangan adalah memilih pot yang paling baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tanaman ini. Pastikan ada satu atau lebih lubang di dasar pot tanaman. 

Baca juga: Perbedaan Memberi Pupuk Tanaman di Pot dan Kebun

Hal ini guna memungkinkan air mengalir dengan bebas. Lubang atau drainase yang tidak memadai dapat menyebabkan akar tenggelam dan tanaman mati sebelum waktunya.

Hampir semua jenis pot bisa digunakan untuk wadah tanaman, tergantung pada preferensi gaya dan anggaran Anda. Jika lebih suka wadah yang ringan dan mudah dipindahkan, pilih pot berbahan fiberglass dan plastik. 

Baca juga: Sejuk dan Menyegarkan, Ini 6 Tips Dekorasi Ruang Tamu dengan Tanaman 

Pilih campuran pot 

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan campuran pot adalah menghindari menggunakan tanah dari pekarangan atau kebun. Sebab, tanah tersebut tidak cocok diletakkan di dalam wadah, terlebih jika menggandung gulma, serangga, dan penyakit jamur. 

Lebih baik membeli tanah dengan campuran bahan seperti lumut gambut, vermikulit, dan bahan organik yang membusuk sehingga tanaman bisa tumbuh subur. 

Baca juga: 7 Cara Mempercantik Tanaman Hias di Dalam Ruangan

Jika Anda menanam sukulen atau kaktus, gunakan campuran yang diformulasikan khusus untuk mereka. 

Pilih tanaman 

Saat memutuskan apa yang akan dibeli, pendekatan paling sederhana adalah menggunakan satu jenis tanaman per pot.

Jika memilih menggabungkan beberapa jenis tanaman, pastikan semuanya menyukai kondisi cahaya dan kelembapan yang sama. Jangan meletakkan kaktus dan bunga pansy dalam satu pot karena kedua tanaman ini tidak cocok berada di wadah yang sama. 

Baca juga: Cara Membersihkan Tanaman Hias agar Tetap Sehat

Berikut beberapa tanaman hias yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan sinar mataharinya:

  • Tanaman hias bunga yang menyukai paparan sinar matahari; angelonia, daisy Afrika (Arctotis), dahlia, lantana, verbena, zinnia, dan begonia berbiji. 
  • Tanaman hias bunga yang menyukai paparan sinar matahari dengan naungan; fuchsia, impatiens, browallia, serta torenia. 
  • Tanaman hias daun yang menyukai sinar matahari dan naungan; caladium (naungan), coleus (matahari dan naungan, tergantung varietas), phormium (sinar matahari penuh untuk berpisah), canna (sinar matahari penuh untuk berpisah), pakis (berbagai jenis, disaring matahari sampai teduh), perisai persia (strobilanthes dyerianus, sinar matahari penuh atau naungan sebagian)

Siapkan pot 

Isi wadah dengan tanah dan masukkan campuran pot secukupnya. Untuk membantu memperkirakan secara visual, posisikan tanaman ke dalam pot tersebut saat masih dalam wadah pembibitan.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Lidah Buaya 

Sebelum menanam, tepuk-tepuk tanah dengan jari untuk menghilangkan kantong udara yang besar dan jangan menekan tanahnya terlalu keras.

Masukkan tanaman 

Pindahkan tanaman dari wadah pembibitannya. Letakkan tanaman di atas campuran tanah. Jika menanam lebih dari satu tanaman, sisakan setidaknya satu inci atau lebih di sekitar setiap bola akar sehingga Anda dapat menambahkan campuran di antara mereka. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik untuk Kamar Tidur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com