Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2021, 15:36 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur memiliki fungsi penting di dalam rumah, yakni sebagai tempat tidur, beristirahat, dan bersantai setelah melakukan aktivitas seharian. Untuk itu, kamar tidur harus dibuat senyaman mungkin.

Tak perlu khawatir tentang ukurannya. Sebab, memiliki kamar tidur yang sempit atau kecil juga bisa mendapatkan kenyamanan yang sama dengan kamar tidur yang memiliki ukuran lebih luas.  

Baca juga: 7 Panduan Feng Shui untuk Meningkatkan Energi Positif di Kamar Tidur

Dilansir dari Real Homes, Selasa (4/5/2021), Anda tidak perlu merobohkan dindng untuk membuat kamar tidur lebih luas. Ada cara mudah membuat ruangan terasa lebih luas tanpa memerlukan banyak biaya. Lantas, bagaimana cara mendekorasinya? Simak ulasannya berikut ini. 

Layout 

Layout atau tata letak dapat mempengaruhi luasan ruangan. Untuk membuat kamar tidur lebih luas, tarik tempat tidur ke tengah dinding utama sehingga ada celah di kedua sisinya. 

Baca juga: Bangkitkan Mood dengan 8 Tren Warna Cat Kamar Tidur 2021

Cara ini juga memudahkan untuk bisa berjalan di kedua sisinya serta memberi ruangan lebih banyak aliran dan ruang bernapas sehingga langsung membuatnya terasa lebih besar. 

Tempat Tidur yang Sesuai 

Jika baru ingin memulai mendekorasi kamar tidur kecil, pilih tempat tidur, yang memiliki ukuran sesuai dengan luas kamar. Sebab, tempat tidur yang terlalu besar akan membuat penuh kamar tidur. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur Minimalis

Furnitur Ramping 

Di kamar tidur kecil dengan ruang lantainya terbatas, sangat penting berhati-hati dengan setiap item furnitur yang Anda masukkan. Hindari apa pun yang terasa besar atau berlebihan.

Saat memutuskan pencahayaan, coba pasang sconce dinding atau lampu gantung daripada lampu downlight yang akan membuat ruangan sempit.

Rak apung juga merupakan pilihan yang menarik dan fungsional secara visual saat mencari cara untuk memasukkan elemen dekorasi

Baca juga: 5 Inspirasi Warna Kamar Cowok, Tak Melulu Warna Gelap

Pilih Warna Terang 

Untuk terlihat lebih luas, Anda dapat memilih warna putih di dalam kamar. Namun, hal yang harus diketahui adalah warna putih juga akan membuat ruangan tampak kaku dan dingin.

Sebagai solusi berikan warna terang dan tambahkan warna lembut seperti merah muda, hijau, atau biru pucat pada elemen dekorasi lainnya.  

Baca juga: Trik Mendekorasi Kamar Tidur Simpel dan Nyaman

Penyimpanan di Dinding 

Penyimpanan yang dipasang di dinding juga berfungsi dengan baik di kamar tidur yang lebih kecil. Anda dapat membuat rak, kait, dan lemari yang dipasang di dinding.

Benda-benda ini menambah penyimpanan, tetapi tidak memakan ruang lantai serta dapat sebagai tambahan dekorasi.  

Pasang Cermin 

Seperti diketahui, meletakkan cermin dapat memberikan efek luas pada ruangan. Hal ini karena cermin memiliki efek pantulan cahaya yang ada di dalam ruangan sehingga memberikan kesan luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Real Homes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com