Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2021, 19:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam menata atau mendekorasi ruangan, peran feng shui sering kali tak bisa dilepaskan. Feng shui membantu penataan tak hanya rapi, tapi juga bisa memberikan “rasa aman” dan mendatangkan energi positif di rumah bagi penghuninya.

Misalnya, kamar tidur menjadi salah satu ruangan di rumah yang tak terlepas dari elemen feng shui. Bahkan amat penting mengingat kamar tidur harus menjadi ruangan yang nyaman serta mendatangkan manfaat positif dan kesehatan

Baca juga: 5 Kesalahan Umum Penataan Ruangan Menurut Feng Shui

Dilansir dari laman Home and Décor, Senin (3/5/2021), Joey Yap, master feng shui sekaligus pendiri dari Mastery Academy of Chinese Metaphysics, membagikan tujuh panduan feng shui meningkatkan energi positif di kamar tidur. 

Jaga Kebersihan Kamar Tidur

Karena kamar tidur adalah ruang untuk istirahat, hindari mengacaukan ruangan dengan terlalu banyak barang yang bisa membuat kamar tidur berantakan dan kotor. 

Baca juga: Feng Shui: Letakkan 6 Benda Ini di Rumah untuk Mendatangkan Kesehatan

Bila terus-menerus berurusan dengan meja rias yang penuh sesak atau memiliki terlalu banyak barang di samping tempat tidur, pertimbangkan untuk mendapatkan penyimpanan ekstra seperti unit laci beroda.

“Bukan apa yang Anda taruh di kamar tidur, tapi apa yang Anda simpan,” kata Joey.

Hindari Meletakkan Tanaman yang Menghalangi Jendela

Tanaman tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap energi di kamar tidur, tanaman bersifat netral. Namun, jika ingin memiliki tanaman di kamar tidur, hindari meletakkannya menghalangi jendela. 

Baca juga: Menurut Feng Shui, 3 Benda di Rumah Ini Harus Selalu Bersih

Joey menjelaskan, feng shui yang baik adalah bisa melihat pemandangan dari jendela. Ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan energi positif dari lingkungan eksternal.

Atur Foto Secara Rapi

Tempatkan foto di mana pun yang Anda inginkan, tapi atur dengan rapi. Terlalu banyak kekacauan visual dapat mengganggu tidur dan beristirahat. Joey menyarankan tetap menggunakan beberapa foto dalam tata letak sederhana serta menyimpan sisanya di ruang tamu. 

Baca juga: Tempat Tidur Dekat Pintu Kamar, Apakah Bagus Menurut Feng Shui?

Tidak Meletakkan Apa pun di Atas Kepala Tempat Tidur

Pinterest menunjukkan sebuah gambar kamar tidur dengan dinding galeri dan rak buku yang berada di atas kepala tempat tidur. Meski tampak estetika, hal ini tidak dianjurkan dalam feng shui.

Menurut Joey, hal itu mendistorsi aliran qi atau aliran positif. “Dalam istilah awam, ini berarti terganggunya aliran energi yang baik, yang dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk tidur nyenyak.” 

Baca juga: 3 Tips Feng Shui agar Fokus Saat Bekerja dari Rumah

Untuk itu, Joey menyarankan merencanakan tata letak kamar dengan hati-hati. Tempatkan rak buku dan lukisan di area lain, jangan pernah di atas kepala tempat tidur.

Tidak Ada Warna Keberuntungan

Karena energi di sekitar kita dapat berubah setiap tahun, tidak ada satu warna pun yang dapat direkomendasikan Joey untuk mengecat kamar tidur. “Berlawanan dengan kepercayaan populer, warna tidak berperan dalam feng shui klasik yang otentik,” ujarnya. 

Baca juga: Menurut Feng Shui, Jangan Letakkan Tempat Tidur di Bawah Jendela

Sebagai gantinya, dia menyarankan menggunakan akal sehat dan psikologi warna untuk memilih warna. Warna sejuk dan kalem seperti biru dan hijau secara visual dapat menenangkan. Keduanya juga lebih cocok daripada warna seperti merah dan kuning yang mendatangkan energi serta kegembiraan.

Jangan Menghalangi Pintu Masuk

Sebaiknya jaga agar pintu masuk ke kamar tidur tetap bersih. Menempatkan sesuatu yang menghalangi jalan bisa menghalangi aliran qi. Joey menyarankan menyingkirkan semua halangan potensial. 

“Saat Anda membuka pintu kamar tidur, hal pertama yang harus dilihat adalah ruang kosong di dekat pintu masuk. Seharusnya tidak ada apa pun yang menghalangi jalan Anda." 

Baca juga: 10 Tips Menata Bunga di Dalam Rumah Menurut Feng Shui

Miliki banyak tempat penyimpanan untuk meminimalkan kekacauan serta tata letak yang berantakan, baik di dalam maupun di luar kamar.

Elemen Air Berada di Luar Kamar Tidur

Meski suara tetesan air dapat menenangkan, Joey merekomendasikan tidak menempatkan air di dalam kamar tidur. Dalam feng shui, air melambangkan kekayaan dan arus kas.

Air paling baik ditempatkan di dekat pintu masuk rumah atau di sudut "kekayaan" Anda. Namun, memiliki satu elemen air di kamar tidur dapat membahayakan kesehatan seseorang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com