Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Mengecat Rumah Jelang Lebaran? Lakukan Hal Ini Dulu

Kompas.com - 03/05/2021, 04:03 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Mengecat rumah adalah cara terbaik dan terjangkau untuk membuat ruangan tampak segar dan bersih.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, cara ini bisa digunakan untuk membuat rumah tampak lebih indah dan akan membuat siapapun yang datang merasa lebih nyaman.

Untuk kamu yang ingin mengecat rumah jelang Lebaran, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal sebelum membubuhkan cat pada dinding.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengecat Rumah

1. Kosongkan ruangan dan lindungi lantai

Dilansir dari The Garden Granny, Senin (3/5/2021), untuk mempersiapkan dinding dengan benar sebelum mengecat, kosongkan ruangan sebanyak mungkin.

Turunkan dekorasi, gambar, dan jam di dinding. Jika ada perabot terlalu besar dan sulit dipindahkan, kamu bisa melindunginya dengan lembaran plastik atau koran bekas.

Atur bahan pelindung seperti terpal, plastik, karton, atau koran untuk melindungi lantai. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, selembar plastik harus ditempatkan di bawah kotak karton. Ini akan melindungi lantai dan perabotan agar tidak ketumpahan cat.

2. Listrik

Jika ruangan memiliki sakelar dan soket atau bahkan lampu dinding. Lebih baik membuang elemen-elemen ini dari dinding atau menutupinya dengan benar untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan bebas goresan.

Baca juga: Cara Cepat dan Mudah untuk Mengecat Dinding

Jika kamu berniat melepas soket, putuskan aliran listrik terlebih dahulu. Jangan lupa memotong garis soket dinding serta garis pada lampu langit-langit dan elemen tersembunyi lainnya di dinding.

Simpan semua pelat penutup dengan sekrup yang sesuai di dalam tas agar mudah dipasang kembali setelah pengecatan. Kamu bisa memutuskan untuk menutupi sisa sakelar dan soket steker dengan selotip sebelum mengecat.

Ingatlah untuk menguji soket dan sakelar sebelum melakukan apa pun untuk memastikannya telah dipotong dan tidak menyalurkan listrik.

Jika kamu tidak memiliki cukup cahaya di dalam ruangan, disarankan untuk memasang kabel ekstensi yang akan dihubungkan ke ruangan lain untuk memberi daya setidaknya satu lampu portabel selama digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com