Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2021, 18:30 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com — Kita tentu merasa kesal dan jijik saat melihat tikus, serangga, kecoak, atau jenis hama lainnya di sekitar rumah. Jika kamu menemukannya di rumah, ini artinya kamu harus segera melakukan sesuatu.

Kehadiran hama merugikan ini tidak hanya akan membuat jijik, tapi juga membawa penyakit. Untuk itu, ada baiknya kamu segera mengusirnya dan mencegahnya agar tak lagi masuk ke rumah. 

Baca juga: Tips Ampuh Menangkap Tikus yang Sering Berkeliaran di Plafon Rumah

Berikut adalah empat tips yang bisa kamu coba agar hama tak masuk ke rumah seperti dilansir dari Roohome, Sabtu (1/5/20210.

Tutup Pintu dan Jendela

Jika kamu tidak ingin hama memasuki rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat. Sebagian besar hama masuk ke rumah melalui ruang kecil yang tersisa di antara pintu dan jendela. 

Baca juga: 6 Hama Serangga yang Sering Menyerang Tanaman dan Cara Membasminya

Ada baiknya kamu memeriksa semua pintu dan jendela di rumah. Jika ada celah sekecil apa pun, tutup dengan bahan yang sesuai. Kamu juga bisa menyumpal celah itu dengan semen atau selembar kain.

Jika kamu sudah menutupnya, segera hubungi pengendali hama profesional agar hama bisa mati dan tidak akan kembali. 

Baca juga: 7 Penyebab Kecoak Muncul Tiba-tiba di Dalam Rumah

Buang Sampah dengan Benar

Jika kamu tidak membuang sampah dengan benar, ini akan mengundang hama masuk ke dalam rumah. Sampah dan tempat sampah akan menarik hama. Untuk itu, disarankan menggunakan kantong yang tepat untuk tempat sampah serta buang sampah jika sudah penuh. 

Jangan terlalu lama menyimpan kantong sampah di tempat sampah rumah. Semakin lama sampah tinggal, semakin banyak bau yang ditimbulkannya dan semakin banyak hama yang tertarik dengan aromanya. 

Baca juga: 5 Cara agar Tikus Tidak Bersarang di Dapur

Selain itu, pastikan menjaga tempat sampah agar tetap bersih karena tempat sampah yang kotor bisa mengundang hama seperti tikus, serangga, dan kecoak. 

Rawat Taman di Halaman Rumah

Jika kamu memiliki taman di halaman, entah itu taman kecil atau besar, sebaiknya jangan membiarkannya terlantar. Rawat dan potonglah cabang pohon serta daun yang telah tumbuh tinggi di taman. 

Baca juga: 4 Tanaman yang Dapat Mengusir Hama dan Serangga

Menjaga tanaman dalam kondisi bersih itu penting agar tak dijadikan sebagai sarang oleh hama seperti tikus, kecoak, juga serangga. 

Pastikan memotong cabang pohon yang masuk ke rumah dan gunakan batu untuk menjaga agar taman tetap terpisah dari rumah. Tanaman adalah rumah bagi hama. Untuk itu, rawatlah taman dan jagalah kebersihannya. 

Baca juga: 6 Hama yang Sering Merusak Tanaman, Ulat hingga Kutu Daun


Gunakan Pestisida

Cara lain membasmi hama dan menjauhkannya dari rumah adalah menggunakan pestisida. Kamu bisa menyebarkan pestisida ke semua area umah. Jika takut pestisida akan membahayakan kesehatan keluarga atau hewan peliharaan, kamu dapat memilih pestisida organik yang lebih aman.

Ada banyak pestisida yang tersedia di pasaran dan kamu bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan lingkungan rumahmu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Roohome


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com