Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Menggunakan Material Tiruan dalam Desain Rumah

Kompas.com - 01/05/2021, 08:18 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua orang ingin memiliki rumah yang layak dijadikan sampul majalah. Sayangnya, bahan atau material yang dibutuhkan untuk mencapai banyak penampilan trendi seringkali bisa sangat mahal.

Namun, jika kamu menggunakan produk material tiruan atau mirip, alias KW, kamu akan menemukan bahwa kamu masih bisa mendapatkan penampilan yang bagus dengan biaya yang lebih murah.

Selain itu, ada manfaat lain menggunakan produk material tiruan yang dapat kamu hargai selama bertahun-tahun yang akan datang.

Baca juga: Tips Desain Apartemen atau Kost Bergaya Korea

Dilansir dari Beauty Harmony Life, Sabtu (1/5/2021), berikut 4 manfaat menggunakan produk material tiruan dalam desain rumah.

1. Lebih murah

Manfaat paling jelas dari menggunakan produk material tiruan untuk melengkapi rumahmu adalah sebagian besar produk yang mirip ini lebih murah daripada produk aslinya.

Jika kamu memiliki rumah besar, namun anggaranmu terbatas, atau kamu berencana merenovasi rumah setiap beberapa tahun, pengurangan biaya ini bisa menjadi nilai jual utama.

Plus, menghabiskan lebih sedikit uang untuk mendekorasi rumah akan memberimu lebih banyak uang untuk dibelanjakan pada kegiatan di luar rumahmu.

Baca juga: 5 Ide Desain Dapur Terlihat Mewah dengan Anggaran Terbatas

2. Lebih tahan lama

Meskipun produk material asli terlihat indah, banyak di antaranya tidak dirancang untuk tahan terhadap kerasnya kehidupan sehari-hari.

Hal ini terutama berlaku jika kamu memiliki anak atau hewan peliharaan, yang bisa sangat merusak segala material dan bahan dalam bangunan rumah.

Itulah mengapa material yang mirip, seperti lantai papan vinil, dirancang agar lebih tahan lama sehingga dapat mempertahankan tampilan baru lebih lama dengan sedikit perawatan.

3. Lebih ringan

Menambahkan kolom dekoratif (tampilan dengan tiang-tiang pilar sebagai penahan beban) ke rumah dapat menambah kebanggaan bagimu dan menampilkan ruang yang mencolok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com