Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2021, 09:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Ahs

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan berbagai peralatan elektronik di dalam rumah dapat memudahkan mengerjakan pekerjaan rumah sehari-hari. Namun, alat elektronik tersebut tidak memiliki daya tahan sepanjang hidup.

Ada beberapa di antaranya harus diganti setelah 10 tahun pemakaian atau 20 tahun pemakaian, tergantung dengan alat elektroniknya. 

Baca juga: 7 Peralatan Elektronik di Rumah yang Harus Sering Dibersihkan

Namun, seperti dilansir dari laman Ahs.com, Kamis (29/4/21), ada beberapa alat elektronik yang memiliki daya tahan lebh singkat alias lebih cepat rusak. Kerusakannya beragam, mulai dari salah satu fitur yang tidak berfungsi hingga kerusakaan total.

Tim riset survei di Consumer Reports telah mengumpulkan data kerusakan pada lebih dari 381 ribu peralatan. Berikut ini adalah beberapa kerusakan peralatan yang paling umum dilaporkan oleh konsumen. 

Baca juga: 8 Tips Membuat Alat Elektronik Rumah Tangga Tetap Awet 

Kulkas 

Jika memiliki lemari es atau kulkas dengan dispenser es atau air, Anda mungkin menikmati memperoleh air dingin dan es yang segar sesuai dengan permintaan. Namun, bagian ini dianggap paling cepat rusak. Dispenser air yang tidak menyala atau tidak menghasilkan air dingin menjadi salah satu kerusakannya. 

Mesin Cuci 

Ada beragam permasalahan di dalam mesin cuci. Mulai dari, jamur di sekitar pintu bukaan depan (mesin cuci bukaan depan) hingga pengering yang berhenti bekerja. Untuk mencegah kerusakaan lebih banyak, Anda dapat membersihkan mesin cuci menggunakan soda kue dan cuka untuk menghilangkan jamur. 

Baca juga: Pintu Kulkas Susah Tertutup? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cegah kambuhnya jamur dengan mengeringkan segel pintu setelah setiap kali diisi dan ulangi membersihkan menggunakan cuka setiap bulan.

Kemudian, 10 persen dari konsumen mesin cuci yang disurvei mengeluhkan mesin pengering tidak mengeringkan pakaian mereka sepenuhnya. Anda mungkin dapat memperbaikinya sendiri dengan membersihkan perangkap serat atau membersihkan ventilasi pengering pada mesin cuci. 

Baca juga: 4 Tips Merawat Mesin Cuci agar Tetap Awet

Microwave 

Gelombang mikro membuat persiapan makanan menjadi cepat matang. Namun, ketika rusak, makanan matang dengan lama.

Faktanya, 5 persen konsumen yang disurvei melaporkan panel kontrol yang rusak, sementara 4 persen melaporkan kebisingan yang berlebihan, ketidakmampuan untuk memanaskan makanan dengan cukup, atau pintu rusak yang tidak dapat mengunci atau menutup, dan 2 persen mengeluh tentang piring putar yang tidak berfungsi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ahs
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com