Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Rumah Murah Meriah untuk Cuaca Panas

Kompas.com - 23/04/2021, 18:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim panas telah tiba. Musim panas adalah waktu terbaik untuk merombak dekorasi rumah. Tata ruang yang sama dari tahun ke tahun atau gitu-gitu saja tentu membuat bosan dan tidak semangat.

Mengubah atau mendekorasi ulang rumah tidak selalu menelan banyak biaya. Untuk mengubah dekorasi, Anda tidak harus membeli satu set furniture baru atau mengganti cat rumah. 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ramadan yang Akan Mempercantik Rumah

Dengan mengubah tata letak atau menambahkan elemen baru di ruangan, dapat menghadirkan suasana dan dekorasi baru. Nah, berikut ini lima ide dekorasi rumah murah meriah yang cocok untuk musim panas dikutip dari laman Times of India.

Bunga

Bunga adalah salah satu benda yang dapat membuat ruangan terlihat cantik, cerah, dan hidup. Menambahkan pot bunga dengan warna yang kontras pada dinding dapat membuat ruangan semakin menarik serta menyegarkan pandangan mata. 

Baca juga: Kesalahan Terbesar dalam Dekorasi Rumah, Kebanyakan Barang

Barang Antik

Memasukkan barang-barang antik dan menarik perhatian seperti kursi antik, cermin antik, dan karya seni dapat mengubah tampilan ruangan secara menyeluruh. Cara ini juga dapat menghemat anggaran biaya. Pilih barang antic yang harganya terjangkau ya.

Lampu Hias 

Menambahkan pencahayan ke dalam ruangan dapat membuat ruang terlihat lebih besar, menciptakan suasana yang hangat, serta menonjolkan elemen menarik dari ruangan.
Anda bisa memasang lampu hias di ruang tamu bila belum ada.

Pilih lampu hias dengan desain sederhana atau minimalis. Atau bisa pula menambahkan lampu di sudut dinding ruangan. 

Baca juga: Trik Dekorasi Ruangan agar Tidak Terkesan Ramai

Sarung Bantal

Memadukan dan mencocokkan sarung bantal berwarna cerah dengan furnitur kayu secara langsung dapat mencerahkan suasana ruangan dan menambahkan semburan keceriaan pada segala jenis dekorasi.

Ganti sarung bantal, baik bantal tidur maupun bantal sofa, dengan warna-warna cerah seperti biru, kuning, pink, atau lilac yang sedang populer. Mengganti sarung bantal tidak memakan biaya besar, bukan? 

Baca juga: Furnitur Kursi Plastik Bening Dianggap Sebagai Tren Dekorasi Terbaru

Dekorasi Dinding

Dekorasi atau hiasan dinding buatan sendiri menjadi salah satu opsi praktis terbaik untuk menekankan efek visual suatu ruang. Menambahkan karya seni sendiri pada dinding rumah Anda akan menambah sentuhan intim dan memberikan rasa nyaman.

Anda bisa membuat kumpulan foto-foto kebersamaan dengan keluarga, lalu bingkai dan letakkan di dinding. Bisa pula memajang lukisan atau hasil kegiatan mewarnai Anda sebagai dekorasi dinding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com