Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2021, 10:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran tikus di rumah bukanlah hal yang menyenangkan. Hadirnya tikus, baik beberapa ekor atau kawanan, bisa menciptakan kondisi berbahaya di rumah.

Oleh sebab itu, membasmi tikus menjadi hal yang penting dilakukan. Meskipun demikian, membasmi tikus tidak harus selalu dilakukan dengan perangkap tikus atau racun tikus.

Ternyata, tikus dengan mudah dibasmi dari rumah Anda hanya dengan menggunakan aroma peppermint di sudut-sudut rumah di mana mereka biasa berkumpul. Ya, benar, peppermint diyakini dapat membantu membasmi tikus.

Baca juga: 5 Cara agar Tikus Tidak Bersarang di Dapur

Dikutip dari Family Handyman, Kamis (22/4/2021), meskipun cara alami tidak selalu menjadi jawaban untuk membasmi hama, namun peppermint menawarkan solusi alami yang berhasil untuk membasmi tikus.

Ini ada hubungannya dengan sifat tikus, yang lebih mengandalkan indera penciuman daripada penglihatannya.

Tikus memiliki penglihatan yang sangat lemah tetapi indera penciuman yang kuat dan tajam. Ini menjadi masuk akal mengapa tikus biasanya menyukai keju, bukan?

Peppermint jelas memiliki aroma yang kuat, yang tidak disukai tikus. Menurut Victor Pest, peppermint mengandung senyawa mentol yang sangat kuat yang mengiritasi rongga hidung dan membuat tikus kabur.

Baca juga: Tips Membuat Perangkap Tikus Sendiri, Pakai Ember

Anda dapat menggunakan dua cara untuk mengusir tikus dengan peppermint.

Yang pertama adalah menanam peppermint dan meninggalkannya di sekitar rumah. Aroma peppermint mencegah mereka masuk atau berkeliaran di tempat pertama.

Jika Anda tidak menyukai rumah yang penuh dengan tanaman peppermint, Anda mungkin lebih suka menggunakan minyak peppermint. Semprotkan minyak esensial peppermint di berbagai area rumah yang dapat diakses tikus.

Jika Anda mencoba menangkap tikus, semprotkan minyak peppermint secara strategis di tempat yang tidak diletakkan perangkap tikus. Secara teori, ini seharusnya mengarahkan mereka ke mana-mana ketika Anda menyemprotkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com